Kisah Harimau Sumatera Betina Terjerat Sling Baja, 5 Hari Tersiksa hingga Mati Dehidrasi

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 406 2489365 kisah-harimau-sumatera-betina-terjerat-sling-baja-5-hari-tersiksa-hingga-mati-dehidrasi-8xC3wITfYg.JPG Harimau betina Sumatera mati terjebak sling baja di Bengkalis, Riau (Foto: Antara/Rony Muharrman)

SEEKOR harimau Sumatera yang terancam punah ditemukan mati mengenaskan setelah terjebak kawat sling baja yang dipasang pemburu tak jauh dari kawasan suaka margasatwa Bukit Batu di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam Provinsi Riau, Fifin Arfiana Jogasara mengatakan, harimau tersebut berusia antara 4-5 tahun. Jumlah populasinya kini diperkirakan semakin berkurang yakni hanya tersisa 400 ekor saja.

Melansir BBC, harimau betina itu ditemukan mati pada akhir pekan lalu. Fitin menduga harimau mati karena dehidrasi selama lima hari setelah terjebak perangkap yang tampaknya memang sengaja dipasang pemburu. Perangkap itu bahkan mematahkan salah satu kakinya.

Harimau Sumatera Mati

(Foto: Antara/Rony Muharrman)

Pihaknya lanjut Fifin akan bekerja sama dengan lembaga penegak hukum untuk menyelidiki kasus ini. Menurut Daftar Merah Spesies Terancam IUCN, harimau Sumatera, subspesies harimau yang paling terancam punah, berada di bawah tekanan yang meningkat akibat perburuan liar karena habitat hutan mereka menyusut.

Baca juga: Video Dramatis Harimau Sumatera Dilepas ke Alam Liar

Diperkirakan kurang dari 400 harimau Sumatera yang tersisa di alam liar. Konservasionis mengatakan, pandemi virus corona telah menyebabkan meningkatnya perburuan liar ketika penduduk desa beralih berburu karena alasan ekonomi.

Harimau Bengkalis

(Foto: Antara/Rony Muharrman)

Tiga ekor harimau Sumatera, termasuk dua ekor anak harimau, ditemukan mati pada akhir Agustus lalu setelah terperangkap perangkap di Kawasan Ekosistem Leuser, kawasan konservasi harimau di Provinsi Aceh.

Awal Juli lalu, seekor harimau betina juga ditemukan mati terjerat jebakan di Kabupaten Aceh Selatan. Kemudian seekor gajah ditemukan tanpa kepala pada 11 Juli di sebuah perkebunan kelapa sawit di Aceh Timur.

Polisi menangkap seorang tersangka pemburu liar bersama empat orang yang dituduh membeli gading dari bangkai hewan dilindungi tersebut.

Baca juga: Intip Aksi Dua Harimau Sumatera di Kebun Binatang Ragunan Lewat Wisata Virtual

Harimau Bengkalis

(Foto: Antara/Rony Muharrman)

Tak sampai di situ, Polisi Aceh pun menangkap empat pria pada Juni silam lantaran diduga menangkap harimau dengan jebakan dan menjualnya seharga Rp100 juta.

Beberapa hari kemudian, harimau Sumatera lainnya mati setelah memakan kambing yang dibubuhi racun tikus di provinsi yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini