Amerika Berlakukan Aturan Perjalanan Baru Mulai 8 November, Pelancong Wajib Patuhi Ini

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 406 2489388 amerika-berlakukan-aturan-perjalanan-baru-mulai-8-november-pelancong-wajib-patuhi-ini-TSUhCrTeqx.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

AMERIKA Serikat akan mempermudah kunjungan wisatawan mancanegara yang telah divaksinasi Covid-19. Gedung Putih mengumumkan pada Jumat pekan lalu bahwa sistem perjalanan udara baru akan berlaku mulai 8 November 2021 medatang.

Sistem baru akan memungkinkan masuknya warga negara asing hanya dengan vaksinasi penuh yang disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHA) dan akan menambahkan persyaratan pengujian untuk orang Amerika yang tidak divaksinasi.

Melansir USA Today, berikut hal yang perlu Anda ketahui tentang persyaratan perjalanan baru ke Amerika Serikat:

Syarat masuk bagi turis asing

Mulai 8 November, pelancong asing harus menunjukkan bukti vaksinasi lengkap serta tes virus corona negatif pra-keberangkatan yang diambil dalam tiga hari perjalanan sebelum naik pesawat.

Maskapai akan mengumpulkan informasi pribadi pelancong, termasuk nomor telepon dan email, untuk pelacakan kontak. Maskapai diharuskan menyimpan informasi tersebut selama 30 hari sehingga petugas kesehatan dapat menindaklanjuti jika pelancong terpapar Covid-19.

Baca juga: Amerika Larang Warganya Traveling ke Singapura karena COVID-19 Masih Tinggi

Masker tetap wajib, tapi tak ada karantina

Perubahan ini memungkinkan para pelancong dari negara-negara yang saat ini terdaftar di larangan perjalanan AS untuk kembali bisa memasuki negara itu. Berikut daftarnya:

Travelling

(Foto: Shutterstock)

- Cina

- Iran

- Britania Raya

- Republik Irlandia

- Brazil

- Afrika Selatan

- India

- Wilayah Schengen Eropa (Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Islandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Monako, San Marino, dan Kota Vatikan).

Pelancong yang datang dari negara-negara yang tidak termasuk dalam larangan akan menghadapi persyaratan masuk yang lebih ketat pada 8 November.

Baca juga: Amerika Serikat Berencana Wajibkan Pelancong Asing Divaksin Covid-19

Aturan perbatasan darat dengan Meksiko dan Kanada

Mulai 8 November, warga negara asing yang divaksinasi lengkap dapat melintasi perbatasan darat untuk pariwisata atau mengunjungi teman dan keluarga.

Aturan masuk di sepanjang perbatasan akan berubah lagi pada awal Januari, dengan semua pelancong, termasuk mereka yang bepergian untuk tujuan penting, wajib menunjukkan bukti vaksinasi lengkap.

Pelancong asing akan dapat menunjukkan status vaksinasi dalam format kertas atau digital. Warga negara asing juga memerlukan dokumentasi perjalanan yang sesuai untuk memasuki negara tersebut.

Vaksin yang diterima di AS

Pejabat Gedung Putih berharap CDC menyetujui vaksin yang sama untuk pelancong yang memasuki AS melalui darat atau feri.

Adapun vaksin yang mendapat persetujuan WHO meliputi dan ditolerir masuk AS yaitu Johnson & Johnson, Moderna, Pfizer-BioNTech, Oxford-AstraZeneca/Covishield, Sinofarm dan Sinovac.

Wisatawan yang memiliki kombinasi vaksin yang disetujui FDA atau WHO akan dianggap divaksinasi lengkap.

Kebijakan perjalanan baru tidak menerima pelancong asing yang telah menderita Covid-19 dan hanya menerima satu dosis vaksin. Sekretaris pers Gedung Putih, Jen Psaki mengatakan, pemerintah akan terus meninjau persyaratan masuknya.

Selain itu, pejabat AS belum memberikan indikasi bahwa bukti pemulihan dari Covid-19 dapat digunakan sebagai pengganti bukti vaksinasi.

Infografis Traveling

Bagaimana dengan anak-anak?

Anak-anak umumnya akan dibebaskan dari persyaratan vaksin. Demikian kata seorang pejabat Gedung Putih.

Namun, semua penumpang udara berusia 2 tahun atau lebih, termasuk warga negara AS dan penduduk tetap, harus menunjukkan tes virus corona negatif untuk terbang ke AS.

Syarat masuk bagi orang Amerika

Sistem perjalanan baru menambahkan persyaratan pengujian yang lebih ketat untuk pelancong AS yang tidak divaksinasi.

Mulai 8 November, orang Amerika yang tidak divaksinasi harus mengikuti tes satu hari sebelum keberangkatan dan melakukan tes lagi saat tiba di AS. Persyaratan masuk tidak akan berubah untuk orang Amerika yang divaksinasi.

Mereka masih perlu menunjukkan bukti tes virus corona negatif yang diambil tidak lebih dari tiga hari sebelum keberangkatan. Orang Amerika tidak perlu divaksinasi penuh untuk naik penerbangan internasional ke AS.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini