Bekasi hingga Surabaya, Inilah Deretan Kota Terpanas di Indonesia!

Ahmad Haidir, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 406 2489508 bekasi-hingga-surabaya-inilah-deretan-kota-terpanas-di-indonesia-bUiKeUMfWY.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

INDONESIA merupakan negara tropis dengan karakteristik cuaca yang terik, terlebih saat musim kemarau. Sejumlah daerah di Tanah Air pun terkenal bersuhu panas, bahkan saat telah memasuki musim penghujan sekalipun.

Mulai dari anggapan umum hingga survei yang dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan deretan kota terpanas di Indonesia!

Pekanbaru, Riau

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Ibukota Provinsi Riau ini terkenal memiliki cuaca yang terik. Hal ini karena Pekanbaru merupakan kota yang gersang.

Saat musim kemarau, panas terik matahari begitu terasa hingga membuat suhu di Pekanbaru bisa mencapai 36 derajat celsius.

Kota Pekanbaru

(Foto: Instagram/@pariwisata.riau)

Majalengka, Jawa Barat

Berdasarkan laporan BMKG yang dirilis melalui sosial media resminya, Majalengka termasuk dalam salah satu kota terpanas yang ada di Indonesia.

Per 26 Agustus 2021, kota tetangga Cirebon itu tercatat memiliki suhu mencapai 34,7 derajat celsius.

Baca juga: Deretan Kota Terdingin di Indonesia, Nyaman Banget Buat Liburan

Surabaya, Jawa Timur

Kota terpanas selanjutnya adalah Ibukota Provinsi Jawa Timur sekaligus kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta yakni Surabaya.

Surabaya Zoo

(Foto: Instagram/@surabaya)

Wilayah yang dulu dipimpin oleh Tri Rismaharini itu memang dikenal memiliki cuaca terik. Walaupun telah banyak ruang terbuka hijau, namun tetap saja Surabaya memiliki suhu panas yang rata-rata mencapai 36 derajat celsius. Enggak kebayang kan gerahnya!

Semarang, Jawa Tengah

Sebagai daerah pantura yang banyak dilewati truk bermuatan besar serta banyak pabrik berdiri di sekitarnya, tak heran Semarang menjadi begitu sangat panas.

Berdasarkan pantauan BMKG, suhu yang ada di Kota Lumpia itu mencapai 35,4 derajat celsius yang diukur pada 17 Agustus 2021.

Kupang, NTT

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ternyata menjadi salah satu wilayah terpanas yang ada di Indonesia.

Hal ini terbukti dengan Ibukota Provinsi tersebut yakni Kupang yang memiliki suhu rerata mencapai 35 derajat celsius. Selain Kupang, NTT juga ‘menyumbang’ Kota Sikka sebagai jajaran kota terpanas di Indonesia berdasarkan pantauan BMKG.

Bekasi, Jawa Barat

Di antara deretan kota yang memiliki suhu panas dan cuaca terik, mungkin Bekasi menjadi salah satu kota terpanas yang ada di Indonesia.

Kota Bekasi

(Foto: Instagram/@bekasi_wisata)

Bagaimana tidak, keberadaan banyak pabrik ditambah wilayah yang padat penduduk, menjadikan Bekasi begitu gersang. Suhu di Kota Bumi Patriot itu bisa mencapai 37 derajat celsius di siang hari dan musim kemarau.

Itulah deretan kota terpanas yang ada di Indonesia. Dari daftar di atas, adakah yang menjadi kota tempatmu tinggal? Siap-siap pakai AC di kamar biar tetap adem lho ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini