Tegur Polisi Tak Pakai Masker, Pria Ini Malah Didorong Keluar Stasiun

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 04:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 406 2489716 tegur-polisi-tak-pakai-masker-pria-ini-malah-didorong-keluar-stasiun-ntYoHWcW0j.JPG Penumpang kereta didorong keluar stasiun gegara tegur polisi tak pakai masker (Foto: NY Post)

SEORANG pria didorong keluar dari stasiun kereta bawah tanah Manhattan, Amerika Serikat oleh dua polisi NYPD pada Selasa pagi, setelah ia meminta petugas polisi itu mengenakan masker.

Klip yang direkam oleh saksi mata, Victoria Hall, menunjukkan seorang petugas membawa pria yang diketahui bernama Andy Gilbert, turun dari peron dan keluar dari Stasiun Eighth Street dengan bantuan dari petugas wanita yang mendorong pintu darurat hingga terbuka.

“Saya terus bertanya mengapa Anda tidak memakai masker. Akhirnya, dia bilang saya mengganggu. Petugas itu justru mengatakan jika tidak akan naik kereta, Anda bisa keluar,” kata Gilbert (27) dari Queens.

Gilbert mengatakan, dirinya telah berbicara dengan dua polisi selama beberapa menit sebelum petugas melakukan pemeriksaan fisik.

Petugas pria awalnya berpura-pura tidak bisa mendengar apa yang dikatakannya, seperti, "Maaf saya tidak bisa mendengar melalui masker Anda," ingatnya.

Baca juga: Catat! Begini Prokes Terbaru Naik Kereta Api di Masa Pandemi COVID-19

Aturan Naik Kereta

Sementara hukum federal mengharuskan memakai masker di semua transportasi umum.

NYPD bertanggung jawab untuk menegakkan aturan di kereta bawah tanah dan bus. Pelanggar dapat dikenakan denda sebesar USD50 atau sekitar Rp700 ribu.

Hall mengatakan ia terlibat pertengkaran setelah melihat petugas berulang kali menolak permintaan Gilbert agar mereka memakai masker. Ia mulai merekam ketika petugas pria mencengkeram kerah Gilbert.

"Polisi menjadi sangat agresif. Biasanya, hal seperti ini, saya tidak ingin terlibat, tapi itu benar-benar menjengkelkan dan membuat saya marah,” kata Hall.

“Mereka seharusnya hanya berkata, 'Anda tahu, maaf kami harus memakainya juga. Terima kasih telah mengingatkan kami', itu saja,” tambahnya.

Gilbert mengatakan, dirinya telah menghadapi petugas NYPD yang tidak memakai masker di kereta bawah tanah sebelumnya, tetapi tidak pernah menjadi konfrontasi fisik. Dia belum memutuskan apakah akan mengajukan pengaduan atau tidak.

Baca juga: Kisah Horor Pramugara Kereta Bertemu Penumpang Berwajah Rata di Stasiun Tegal

“Biasanya mereka benar-benar mengabaikan saya dan memakai masker, serta membuat beberapa alasan kecil mengapa mereka tidak memakainya atau apapun. Saya meminta seorang pria menjelaskan kepada saya bahwa dia sedang minum air. Tentu saja, dia tidak terlihat sedang meminum air,” tuturnya.

Tingkat vaksinasi NYPD hanya sekitar 69 persen, lebih rendah dari rata-rata kota. Aturan departemen mengharuskan polisi untuk menutupi wajah saat bekerja atau menghadapi sanksi disiplin.

“Insiden itu sedang dalam peninjauan internal,” kata seorang juru bicara NYPD.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini