5 Destinasi Wisata Ciamik di Empat Lawang, Pantai Terusan hingga Air Panas Penantian

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 408 2489415 5-destinasi-wisata-ciamik-di-empat-lawang-pantai-terusan-hingga-air-panas-penantian-Eq3EbeAHD2.JPG Pameran Pariwisata Pemkab Empat Lawang, Sumsel (Foto: MPI/Intan Afika Nuur Azizah)

BICARA mengenai destinasi di Sumatera Selatan, tak melulu soal Palembang. Ya, di provinsi ini terdapat berbagai wilayah dengan destinasi wisata yang ciamik yang patut Anda jajal. Salah satunya di Empat Lawang. Empat Lawang ialah kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Lahat.

Meski termasuk kabupaten baru, Empat Lawang memiliki beragam destinasi wisata yang menarik lho. Kini beberapa destinasi pun sudah dibuka, hal tersebut dipastikan oleh Kabid Pemasaran Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, Murni Sari.

"Saat ini pariwisata di Empat Lawang sudah buka ya. Udah banyak banget tempat pariwisata yang buka dan potensial banget," katanya Rabu kemarin.

Terkait pembukaan wisata, Murni setidaknya merekomendasikan 5 objek wisata di Empat Lawang yang tak ada salahnya Anda sambangi saat mampir ke provinsi ini. Yuk langsung simak ulasannya biar enggak penasaran!

Pantai Terusan

Destinasi wisata yang satu ini terletak di pinggir Sungai Musi, tepatnya di Desa Terusan Lama, Tebing Tinggi. Jarak tempuh dari pusat kota Tebing Tinggi ke lokasi ini memakan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan angkutan atau kendaraan pribadi.

Baca juga: Bertualang di Air Terjun 9 Tingkat Batu Betiang, Tahun Ini Masih Perawan!

Pantai Terusan

(Foto: YouTube/Yan Terusan)

Wisata ini sangat cocok untuk keluarga sebab banyak fasilitas penunjang dan memiliki pemandangan indah yang menenangkan.

Bukit Reban Kucing

Destinasi wisata yang satu ini kerap disebut sebagai Reban Kucing 'negeri di atas awan'. Bukit ini diselimuti kabut dan awan tipis yang membuat pemandangan nampak begitu menakjubkan. Tak hanya itu, hamparan lembah yang ditutupi awan pun nampak bak samudera luas.

Dari atas bukit, pengunjung dapat menyaksikan indahnya Desa Reban Kucing, Kecamatan Pasemah Air Keruh dalam sekali pandang. Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi yang satu ini adalah pagi hari dan saat matahari terbenam. Tak kalah menarik, destinasi ini tak dipungut biaya alias gratis lho!

Bukit Reban Kucing

(Foto: YouTube/Rico Afrizal)

Anda bisa berfoto-foto dengan latar pemandangan Sungai Musi dan hamparan bukit serta hutan dari kejauhan. Anda dan keluarga juga bisa bersantai di sore hari sembari menikmati secangkir kopi arabika khas Kabupaten Empat Lawang.

Anak-anak pun takkan bosan. Mereka bisa menghabiskan waktu dengan bermain air di Pantai Terusan ini. Untuk mendapatkan pemandangan yang terbaik, kamu sebaiknya datang antara jam 3 hingga 6 sore. Destinasi wisata ini juga tidak dipungut biaya sepeser pun.

Air Terjun Batu Betiang

Destinasi wisata yang terakhir berada di Desa Ulakdabuk, Kecamatan Talangpadang. Jarak tempuh dari pusat Kota Tebing Tinggi ke lokasi ini tidak terlalu jauh.

Hanya memakan waktu sekitar satu jam Anda sudah bisa menikmati air terjun Batu Betiang dengan panorama yang sangat indah.

Air Terjun Batu Betiang

(Foto: Ist)

Tenang saja, destinasi ini sudah dilengkapi fasilitas kok. Terdapat gazebo, pendopo, musala, ruang ganti, menara pandang, serta pos keamanan untuk kenyamanan para pengunjung. Saat sampai di lokasi, kamu akan disambut dengan gemuru serta percikan ambun air yang bisa membuat tubuhmu lebih rileks

Jembatan Musi II

Jembatan Musi II merupakan salah satu ikon yang terkenal dari Kabupaten Empat Lawang. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi, yang tidak jauh dari pusat Kota Tebing Tinggi

Jembatan Musi II

(Foto: Instagram/@kevlar.photography)

Anda dapat menikmati keindahan pemandangan Sungai Musi dan perbukitan hijau dari jembatan ini. Jembatan ini sering dijuluki sebagai jembatan Gonjeng karena bentuknya seperti kue Gonjeng yang khas dari Kabupaten Empat Lawang. Eits, tenang saja, destinasi yang satu ini sudah dipastikan free

Air Panas Penantian

Destinasi wisata ini berupa pemandian air panas. Air panas di tempat ini begitu istimewa karena diyakini memiliki khasiat menyembuhkan bermacam penyakit.

Lokasinya terletak di Kecamatan Pasemahan Air Keruh atau Paiker, tepatnya di Desa Penantian. Anda bisa mengakses lokasi ini dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Air Panas Penantian

(Foto: Jia Hartesa)

Tak perlu bayar mahal, biaya tiket masuk destinasi yang satu ini hanya dibanderol Rp5.000. Objek wisata ini buka selama 24 jam.

Setelah mencoba sensasi mandi air panas di sini, Anda bisa menikmati pemandangan air terjun yang tak kalah menarik di sekitar lokasi kawasan ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini