Berkunjung ke Kalimantan Selatan, Jangan Lupa Cicipi 7 Kuliner Khas Ini Guys!

Andin Nurul Alifah, Jurnalis · Sabtu 23 Oktober 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 301 2490413 berkunjung-ke-kalimantan-selatan-jangan-lupa-cicipi-7-kuliner-khas-ini-guys-tef0V8votq.jpg Soto banjar (Instagram @bundogafi)

JALAN-jalan ke Kalimantan Selatan, jangan lupa mencicipi aneka kuliner khasnya yang lezat. Ya, provinsi di Pulau Borneo ini punya sederet makanan tradisional dengan cita rasa yang khas.

Indonesia sebagai negara penghasil rempah-rempah memang punya beragamnya masakan khas dengan cita rasa, cara memasak, serta teknik penyajian yang terpengaruh dari adat dan tradisi di setiap daerah.

Baca juga: Jarang Terekspos, Ini 10 Destinasi Wisata di Kalimantan Selatan, Nomor 7 Cocok Buat Jomblo!

Kalimantan Selatan juga demikian. Anda bisa mendapatkan pengalaman berbeda dengan berwisata ke provinsi ini dan mencicipi kuliner khasnya. Apa saja pilihannya?

Berikut 7 kuliner khas Kalsel :

1. Sate Tulang Banjar

Jika kamu pecinta sate, kamu wajib banget cobain sate tulang banjar yang satu ini! Kamu bisa nikmati sate ini di Kalimantan Selatan. Sate yang satu ini merupkan salah satu sate yang unik, penyajiannya menggunakan daging ayam yang di ambil bagian tulang mudanya.

Ilustrasi

Sate tulang banjar (Instagram @tastevanjava)

2. Soto Susu Banjar

Jika biasanya soto di hidangkan dengan kuah bumbu rempah atau santan, namun kali ini di Kalimantan Selatan kamu bisa menikmati soto yang gurihnya terdapat dari susu.

Baca juga: 5 Makanan Khas Nusantara dengan Nama Nyeleneh, Kerupuk Melarat hingga Sate Lalat

Soto susu banjar merupakan soto yang sajiannya berupa irisan daging ayam kampung yang di campur dengan menggunakan mie putih, dan di beri taburan daun seledri.

Ilustrasi

Soto susu banjar (Instagram @aqelakey)

3. Soto Banjar

Soto Banjar merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang terkenal di Indonesia. Berbeda dari soto susu, soto banjar terbuat dari bahan utama ayam, serta memiliki aroma rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Soto Banjar ini biasanya dimakan dengan makanan pedamping seperti sate ayam.

4. Nasi Itik Gambut

Nasi Itik Gambut merupakan nasi dengan campuran daging bebek dan bumbu habang, bumbu habang dalam Bahasa banjar, habang yang artinya merah. Bahan utama dari nasi itik gambut ini yaitu cabai merah yang di keringkan. Buat kamu yang gak suka pedas tenang aja! Karena proses pembuatan makanan nasi itik gambut ini menggunakan Gula Merah.

5. Mie Bancir

Mie bancir ini perpaduan mie berkuah dan kering, orang Jawa biasanya menyebutnya dengan kata nyemek. Mie ini disajikan dengan taburan daging ayam kampung, telur itik tambak, dan jeruk kuit khas dari Kalimantan Selatan.

Ilustrasi

6. Lontong Orari

Lontong Orari ini merupakan salah satu kuliner Legendaris di Banjarmasin. Lontong orari merupakan menu yang berisi lontong, sayur, dan lauk pauk. Bedanya dari lontong sayur biasanya, Lontong Orari ini pada bentuk lontongnya yang segitiga, selain itu ciri khas lainnya, lontong orari ini disajikan dengan Ikan Haruan yang menjadi lauk pauknya.

7. Laksa Banjar

Siapa sih yang gak tau makanan kenyal yang satu ini. Laksa merupakan salah satu sajian khas Kalimantan selatan. Laksa khas Kalimantan Selatan ini di sajikan dengan bebrapa bahan seperti santan kental, ketupat kendang, daging rebus dan beberapa topping berupa udang dan telur. Laksa diolah dengan resep tradisional turun temurun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini