Akhirnya, Melbourne Sambut Warga Sydney Sudah Divaksin Tanpa Harus Karantina

Reza Arta Mevia, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 406 2489981 akhirnya-melbourne-sambut-warga-sydney-sudah-divaksin-tanpa-harus-karantina-ER4lUKudln.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@melbourneairportau)

PEMBATASAN perjalanan antara Sydney, Melbourne, dan beberapa kota besar di Australia mulai dilonggarkan.

Victoria membuka perbatasan untuk penduduk dari New South Wales (NSW) dengan vaksinasi lengkap, di tengah peningkatan vaksinasi yang cukup pesat. 

Dengan tren kasus yang lebih rendah di NSW (termasuk Sydney), penduduk akan diizinkan bebas masuk ke Victoria tanpa melakukan karantina untuk pertama kalinya selama lebih dari tiga bulan terakhir. 

Kasus infeksi harian di Victoria naik menjadi 1.841 pada Rabu, 20 Oktober 2021 dari 1.749 pada hari sebelumnya. Sebanyak 283 kasus dilaporkan di NSW cukup jauh menurun dari angka tertinggi pada bulan September. 

Pelonggaran dalam aturan perbatasan ini berkaitan dengan pencabutan lockdown di Melbourne, selaku ibu kota negara bagian Victoria pada Jumat, karena tingkat vaksinasi dosis kedua untuk warga di atas 16 tahun sudah mendekati angka 70 persen. Pelonggaran akan terus dilakukan secara bertahap jika sudah melewati angka 80 dan 90 persen. 

Baca juga: Mulai 1 November, Sydney Hapus Aturan Karantina bagi Pelancong Sudah Divaksin

Pada Jumat, sebanyak 5 juta penduduk Melbourne telah melalui enam kali lockdown dengan total 262 hari secara kumulatif sejak Maret 2020.

Media Australia mengatakan, hal tersebut merupakan yang terpanjang di dunia, melebihi lockdown di Buenos Aires, Argentina selama 234 hari secara kumulatif. 

Australia telah menikmati kehidupan dengan bebas Covid-19 hampir sepanjang tahun ini, hingga wabah Delta muncul di Sydney pada bulan Juni dan dengan cepat menyebar ke Victoria. Beberapa kasus ditemukan di negara bagian lain dan beberapa lainnya terbebas dari Covid-19.

Pekan lalu, Sydney dan Canberra terbebas dari pembatasan ketat selama berbulan-bulan setelah berlomba-lomba melalui target vaksinasi.

Bahkan setelah kemunculan varian Delta, jumlah kasus Covid-19 di Australia jauh lebih rendah daripada negara maju lainnya, dengan sekitar 149.000 kasus dan 1.577 kematian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini