Dubai Punya Bianglala Tertinggi di Dunia, Berikut Faktanya Bikin Tercengang

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 408 2490773 -SRWPyxnYw4.JPG Ain Dubai, bianglala terbesar dan tertinggi di dunia (Foto: Instagram/@0aa)

SEJAK pertama kali diumumkan pada Februari 2013 silam, Ain Dubai akhirnya resmi menyambut tamu pertamanya.

Bianglala, atau kincir ria terbesar di dunia itu dibuka untuk umum di Dubai, Uni Emirat Arab pada Kamis 21 Oktober lalu, dengan diawali oleh pertunjukan drone dan kembang api yang mewah.

Terletak di Pulau Bluewaters, "Dubai Eye" - dikenal dalam bahasa Arab sebagai "Ain Dubai", berdiri setinggi 250 meter dan mampu menampung 1.750 pengunjung dalam satu putaran. Putaran tersebut memakan waktu lebih dari 30 menit.

Ain Dubai merupakan bentuk komitmen berkelanjutan Dubai untuk menjadi tujuan pariwisata prioritas sekaligus implementasi gaya hidup, serta memperkaya kualitas hidup penduduk lokal.

Melansir Khaleej Times, berikut sederat fakta mencengangkan mengenai Ain Dubai.

Kabin observasi

Kabin observasi Ain Dubai, memberikan pengunjung sudut pandang yang sempurna untuk pemandangan 360 derajat di atas perairan Teluk Arab.

Baca juga: Liburan ke Dubai, Siap-Siap Mengalami Culture Shock Ini

Ain Dubai

(Foto: Instagram/@fazahmag)

Penumpang dapat naik ke salah satu dari 48 kabin mewah, masing-masing dapat membawa hingga 40 tamu.

Roda terbesar dan tertinggi sejagat

Ain Dubai hampir dua kali lebih tinggi dari London Eye, Inggris. Dengan kedatangan Ain Dubai, London Eye terpaksa turun ke posisi kelima dalam daftar bianglala tertinggi di dunia.

Salah satu bianglala tertinggi lainnya ialah High Roller Las Vegas, yang berdiri di ketinggian 167,5 meter. Kemudian ada Singapore Flyer yang mencapai ketinggian 165 meter dan Bintang Nanchang China dengan tinggi 160 meter.

Melibatkan lebih 10 negara

Membangun keajaiban ini tak lain adalah upaya global. Lebih dari 10 negara bersatu menciptakan Ain Dubai, dengan struktur roda baja yang diproduksi di seluruh UEA, Korea Selatan, dan Jerman.

Beberapa negara lain di antaranya Inggris, Prancis, dan Belanda juga turut andil menyediakan ahli teknik dan manajemen proyek utama.

Baca juga: UEA Longgarkan Pembatasan Perjalanan Jelang Dubai Expo 2020

Ain Dubai

(Foto: Instagram/@wanderlustgirllll)

Dua crane terbesar di dunia

Berdiri di ketinggian lebih dari 250 meter, Ain Dubai dibangun oleh dua derek terbesar di dunia. Perusahaan alat berat Belanda, Mammoet, ditunjuk memasang elemen struktural utama roda bianglala raksasa itu. Untuk pemasangannya, Mammoet memasangkan crane yang juga terbesar di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini