Festival Pulau Rupat Masuk Agenda KEN 2021, Ini Harapan Sandiaga Uno

Antara, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 08:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 406 2491119 festival-pulau-rupat-masuk-agenda-ken-2021-ini-harapan-sandiaga-uno-9m4OZRZam9.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Instagram/@sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memastikan Festival Pulau Rupat dan Running 10K masuk dalam agenda Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021. Event itu juga sebagai upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Sebagai anak Riau asli, saya merasa tersanjung dengan hadirnya event Culture Paradise Festival Pulau Rupat tahun ini, ditayangkan langsung secara virtual. Melibatkan pelaku industri event dan pelaku pariwisata ekonomi kreatif (parekraf), serta UMKM di Pulau Rupat dan sekitarnya," kata Sandiaga pada pembukaan Festival Pulau Rupat, secara virtual 

Menurutnya, sebagai anak asli Riau, dirinya memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada pemda setempat.

"Karenanya saya juga memberikan apresiasi kepada Pemprov Riau, khususnya Dinas Pariwisata, serta seluruh pihak yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya kegiatan ini," terangnya.

Ia berharap hadirnya event yang melibatkan pemanfaatan potensi alam serta pelestarian warisan budaya lokal ini, mampu menggerakkan perekonomian daerah dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Festival Pulau Rupat dan Running 10K digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau, memilih tema 'Culture Paradise'. Acara ini digelar secara tatap maya dan tatap muka pada 23-25 Oktober 2021.

Baca juga: Banyak Orang Ngeluh Naik Pesawat Wajib Tes PCR, Sandiaga: Semua Kita Tampung

KEN Festival Pulau Rupat dan Running 10K 2021 diselenggarakan sekaligus memberikan panduan bagi para pelaku event terkait penerapan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability).

Festival Pulau Rupat

(Foto: Instagram/@genpi.bengkalis)

Adapun sejumlah kegiatan yang dilaksanakan adalah, lari 10 K, peragaan busana, permainan perahu Jong, bazar, pameran fotografi, seni pertunjukan menampilkan, RDP and The Syndicate, Sanggar Sri Melayu. Selain itu, juga ada penampilan pelaku ekraf lainnya yakni, Dristik Hip Hop, Jass Manggoo, Nurul Arief, Putri Kencana, Omok, dan atraksi Tari Zapin Api.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni, Rakhmat mengatakan, seluruh kegiatan yang masuk ke dalam KEN 2021 dipilih berdasarkan tiga aspek utama.

Pertama adalah aspek kreativitas berbasis teknologi digital dan inovasi (digital 4.0). Selanjutnya, berdasarkan aspek kolaborasi berbasis potensi lokal (local wisdom), dan pemberdayaan masyarakat (empowering). Terakhir adalah aspek adaptasi yang berbasis protokol CHSE.

"Tentunya persiapan event ini telah dilakukan secara matang oleh tim kurator dari Kemenparekraf. Tim ini yang membantu menyusun dan menentukan kriteria pemilihan kegiatan, hingga mengkaji dan menganalisis proposal kegiatan," kata Roni.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Menparekraf, Gubernur Riau, dan Pemkab Bengkalis, dan semua pihak yang telah telah memberikan dukungan maksimal, untuk memajukan sektor parekraf di Riau dan di Pulau Rupat khususnya," tambahnya.

Roni mengungkapkan, Riau telah diberikan anugerah Tuhan dengan pantai yang indah, alam memesona, dan semangat budaya Melayu yang kuat.

"Sekarang tinggal bagaimana kita bisa melakukan hal-hal kreatif, dan fokus kepada pemberdayaan masyarakat lokal, agar Pulau Rupat bisa menjadi kawasan pariwisata terdepan," katanya.

Baca juga: Riau Kembangkan Desa Wisata Batu Tilam, Surga Tersembunyi Memesona

Kegiatan Festival Pulau Rupat difokuskan di dua lokasi destinasi wisata bahari, yakni di Pantai Lapin dan Mercusuar. Dua lokasi ini tepat berada di bibir pantai berpasir putih, di tepian Selat Malaka, berseberangan langsung dengan Port Dickson Malaysia.

Pulau Rupat Utara merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Memiliki pasir putih sepanjang 17 kilometer. Berhadapan ke Selat Malaka, dan berbatasan langsung dengan Port Dickson Malaysia.

Ada sejumlah objek wisata di pulau ini, di antaranya Pantai Pesona Teluk Rhu, Pulau Beting Aceh, dan Pantai Lapin. Di kawasan wisata bahari ini sudah tersedia sejumlah vila hingga homestay. Kuliner laut dengan bumbu khas warga lokal, menjadi santapan wisatawan yang melancong ke daerah ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini