Mengenal Sejarah Belitung Timur Lewat Jelajah Pesona Jalur Rempah 2021

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 406 2491217 mengenal-sejarah-belitung-timur-lewat-jelajah-pesona-jalur-rempah-2021-bmXbu1ZJpB.JPG Belitung Timur (Foto: Instagram/@rezaadiputra)

BELITUNG Timur dulu pernah menjadi daerah strategis dalam perdagangan dunia karena kekayaan rempah-rempahnya. Sejumlah hasil bumi andalan itu meliputi kemiri, kunyit, lada, hingga cabai.

Terdapat juga minuman tradisional Aik Secang yang merupakan hasil rebusan rempah dan selalu menjadi konsumsi rutin warga Belitung Timur.

Karena kaya akan rempah-rempah, Belitung Timur juga memiliki kuliner yang khas, seperti Ikan Gangan yang sangat kaya akan rempah.

Selain itu, warga juga membuat hasil kerajinan seperti kain batik khas Belitung dengan motif daun sempur dan rempah-rempah lainnya.

Baca juga: Ini 4 Paket Wisata Geologi yang Bisa Dinikmati di Belitung Timur

Di Pulau Belitung, terdapat beberapa kelenteng dan vihara yang merupakan bukti pluralisme budaya yang ada di titik jalur rempah di masa lalu ini.

Nah, untuk mengetahui lebih dalam sejarah kejayaan maritim Indonesia di Belitung Timur, Anda dapat menelusurinya melalui event Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) 2021.

Event ini merupakan event nasional yang sudah lolos dan masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021 yang dilaksanakan secara hybrid dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Anda dapat menyaksikan event tersebut pada 26 hingga 31 Oktober 2021 di Stadion Utama & GOR Belitung Timur, atau melalui siaran langsung di YouTube Channel JPJR Belitung Timur.

Yuk pelajari kembali sejarah Nusantara, agar kita semakin bangga menjadi warga negara Indonesia yang kaya ragam budaya serta sumber alamnya yang melimpah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini