5 Tempat Wisata Edukasi yang Cocok untuk Liburan Keluarga, Apa Saja?

Andin Nurul Alifah, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 408 2491632 5-tempat-wisata-edukasi-yang-cocok-untuk-liburan-keluarga-apa-saja-5ZrLU5gThu.jpg Museum Satwa Jatim Park 2 di Kota Batu, Jawa Timur (Instagram @danisugeng)

LIBURAN bareng keluarga merupakan momen sangat membahagiakan. Mengunjungi tempat wisata dan berkumpul bersama, menikmati pemandangan dan menyegarkan pikiran, akan membuat suasana semakin akrab.

Jika dalam keluarga ada anak-anak, destinasi wisata terbaik untuk dikunjungi adalah yang menyajikan edukasi. Jadi, selain bermain, anak-anak bisa belajar menambah pengetahuan.

Baca juga:  10 Tempat Liburan Paling Ramah Keluarga, Pilihan Terbaik Wisata Bareng Anak

Di Indonesia, ada banyak sekali objek wisata yang punya nilai edukasi sehingga tak susah untuk mencari referensi. Lokasi-lokasi wisata tersebut sebagian besar mulai dibuka, menyusul sudah menurunnya kasus COVID-19.

Anak-anak di bawah 12 tahun juga mulai diizinkan masuk tempat wisata dengan pengawasan orangtua yang sudah divaksinasi COVID-19 dan punya aplikasi PeduliLindungi.

Berikut beberapa wisata edukasi yang patut dikunjungi :

1. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta berada di kawasan Benteng Vredeburg di Kota Yogyakarta. Ini merupakan salah satu area rekreasi sekaligus edukasi. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah bahkan mancanegara.

Ilustrasi

Taman Pintar Yogyakarta (tamanpintar.com)

Sesuai dengan namanya, Taman Pintar menyuguhkan beragam wahana yang akan membuat pengunjung bisa menambah pengetahuan dan wawasan sambil bermain.

Baca juga: Cimory Prigen, Wisata Anak dengan Edukasi Menyenangkan

2. Planetarium Jakarta

Planetarium terletak di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang memungkinkan pengunjung mempelajari dunia astronomi. Di Planetarium, kamu akan melihat bagaimana meteor jatuh di hadapan mata.

Ilustrasi

Planetarium Jakarta (Instagram @jakartatourism)

Kamu juga bisa menambah wawasan tentang Bumi dan benda di Tata Surya lainnya melalui fasilitas yang disuguhkan. Biasanya wisata ini kebanyakan di datangi para pengunjung dari sekolahan. Tapi sayangnya, wisata ini masih tutup sementara.

3. Jatim Park 2 Kota Batu

Jatim Park 2 di Kota Batu, Jawa Timur juga salah satu pilihan wisata edukasi yang menarik. Di sini ada Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Eco Green Park yang di setiap lokasinya memiliki ciri khas tersendiri.

Dengan berbagai wahana, di sini kamu bisa mempelajari berbagai pengetahuan terkait satwa hingga replika Stegosaurus dan Tyrannosaurus. Dan kamu juga bisa menikmati kebun binatang dengan konsep yang modern.

4. Museum Purbakala Sangiran

Mengunjungi Museum Purbakala Sangiran di Sragen, Jawa Tengah, Anda bisa menambah wawasan tentang sejarah masa lampau. Anda bisa menikmati sarana audio visual terkait berbagai penjelasan tentang purbakala seperti evolusi manusia, hingga proses penemuan situs purbakala.

Ilustrasi

Tempai ini menjadi situs terpenting di dunia untuk mempelajari manusia purbakala lho. Tak ayal juga UNESCO mencatumkannya sebagai World Herritage Site.

5. Museum Tubuh Bagong, Jawa Timur

Bagi anak-anak yang bercita-cita menjadi dokter, coba deh berkunjung ke Museum Tubuh Bagong di kompleks Jatim Park 1, Kota Batu.

Pengunjung bisa belajar tentang ilmu anatomi dan mengenal lebih detail berbagai organ tubuh. Di tempat wisata ini, kamu akan mendapatkan edukasi tentang bentuk paru-paru, jantung, gigi hingga usus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini