Fakta-Fakta Menarik Gunung Jiri, Lokasi Syuting Drakor Jirisan yang Sarat Misteri

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 408 2492123 fakta-fakta-menarik-gunung-jiri-lokasi-syuting-drakor-jirisan-yang-sarat-misteri-zOjD6DpO7Q.jpg Gunung Jiri di Korea Selatan (visitkorea.or.kr)

DRAMA korea (drakor) Jirisan mengukir sejarah baru ketika tayang perdana pada 23 Oktober 2021. Drama yang dibintangi oleh Jun Jihyun ini meraih rating premier tertinggi di antara drakor akhir pekan.

Judul serial diambil dari pegunungan terbesar kedua di Korea Selatan yakni Gunung Jiri, yang mana menjadi lokasi syuting dari drama tersebut.

Selain aksi penjaga gunung yang menegangkan, balutan kisah misteri Gunung Jiri juga menjadi daya tarik untuk penggemar.

Baca juga: Deretan Aktor Korea yang Pernah Liburan ke Indonesia, Adakah Idolamu?

Jadi penasaran kan seperti apa Gunung Jiri di dunia nyata? Yuk langsung simak ulasannya yang telah dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

Ilustrasi

Jirisan

Pegunungan terbesar kedua di Korea Selatan

Gunung Jiri dinobatkan sebagai pegunungan terbesar kedua di Korea Selatan. Puncak utamanya Chonwangbong (yang secara harfiah diterjemahkan sebagai "Puncak Raja Langit") yang menjulang setinggi 1.915 meter.

Itu dianggap sebagai salah satu dari tiga gunung utama di Korea Selatan, bersama dengan Halla-san (1.950 meter) dan Seorak-san (1.708 meter).

Taman nasional pertama pada 1967

Chiri-san atau Jirisan terletak di taman nasional pertama di Korea Setalan. Taman nasional itu sendiri mencakup tiga provinsi: Jeolla Utara dan Selatan serta Kyongsang Selatan.

Salah satu kota terdekat dengan Chiri-san adalah kota Chinju di Kyongsang Selatan yang menawarkan layanan bus ke taman.

Baca juga: Ini 6 Fakta Tentang Korea Selatan yang Diungkap Lewat Squid Game

Total luas taman nasional jirisan adalah 471.758㎢. Dengan 4.989 flora dan fauna yang menghuni pekarangannya. Berbagai vegetasi menghuni taman itu, sehingga dianggap sebagai peti harta karun alam.

Diselimuti beragam cerita misteri dan insiden

Nama Jirisan berarti “gunung orang-orang yang aneh dan bijaksana”. Mungkin karena nama ini, banyak pertapa mencari kebenaran, dan mengabdikan diri pada jirisan.

Penulis skenario Kim Eun-hee berbicara tentang kesannya tentang Gunung Jiri pada konferensi pers. “Gunung Jiri memiliki sejarah panjang dan banyak insiden telah terjadi di sana,” kata penulis terkenal itu seperti dikutip dari The Star.

“Saya membayangkan orang-orang yang mendaki gunung yang begitu luas dan curam itu pasti sedang berpikir keras,” tuturnya.

“Mungkin ada orang yang mendakinya memikirkan kematian, dan mereka yang mendakinya dengan harapan, dan orang lain yang mencari jawaban dalam hidup. Saya ingin menceritakan kisah orang-orang dari berbagai latar belakang yang menjalani kehidupan yang beragam.”

Ilustrasi

Kim mengatakan dia mendapat ide untuk menulis Jirisan ketika dia menemukan bahwa penjaga gunung adalah orang pertama yang terlibat dalam misi penyelamatan di gunung.

“Jika kecelakaan terjadi di kota, maka Anda memanggil layanan darurat. Jika kecelakaan terjadi di gunung, maka mereka mengirim penjaga, yang tahu gunung lebih baik daripada orang lain. Itu membuat kesan besar bagi saya,” tambah Kim.

Sementara itu, Jirisan yang mencangkum 16-episode difilmkan di lokasi pegunungan jiri. Tidak hanya mencakup musim panas dan dingin, tetapi juga musim semi dan musim gugur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini