Share

Kasihan, Ibu dan Balita Dipaksa Turun dari Pesawat Gegara Masker

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 406 2492757 kasihan-ibu-dan-balita-dipaksa-turun-dari-pesawat-gegara-masker-nIWZB0Kcfl.jpg Pesawat Southwest Airlines (Southwest Airlines/FOX Business)

SEORANG ibu dan putranya yang berusia 2 tahun dikeluarkan dari pesawat Southwest Airlines karena balita itu tidak memakai masker.

Penumpang wanita bernama Jodi Degyansky, mengatakan putranya tengah memakan camilan di dalam pesawat sebelum lepas landas dari bandara di Fort Meyers, Florida menuju Bandara Chicago Midway, Amerika Serikat, pada Sabtu lalu.

Baca juga:  Seorang Ibu Dipaksa Pramugari Tempelkan Masker ke Wajah Balitanya

Insiden itu direkam dengan kamera ponsel lalu viral. Dimulai ketika petugas bandara Fort Meyers meminta Degyansky dan putranya untuk meninggalkan pesawat.

“Mereka datang sekitar empat atau lima kali dan memintanya untuk membuka masker. Apakah dia akan memakai maskernya selama penerbangan, atau apakah Anda yakin dia akan memakai maskernya? Di mana saya benar-benar memakainya,” kata Degyansky seperti dilansir dari ABC7 News, Kamis (28/10/2021).

“Itu benar-benar perjuangan pada saat itu karena dia memang memiliki makanan di depannya. Jadi, di usia 2 tahun dia lebih terganggu dengan makanan daripada menarik masker ke wajahnya,” sambung Degyansky.

Dalam perjalanan turun, itu baik-baik saja. Degyansky bahkan mengambil foto putranya tanpa memakai masker di dalam pesawat.

Namun, pada Sabtu, kru Southwest tidak memilikinya. “Mereka mengatakan keluarga menggunakan makanan sebagai alasan sehingga anak mereka tidak harus memakai masker,” kata Degyansky.

 Baca juga: Amerika Kembali Terima Pelancong Asing Mulai Bulan Depan, Begini Aturan Mainnya

Degyansky kemudian menambahkan setelah meminta pramugari untuk memberinya ruang enam kaki, pesawat itu berbalik dan petugas gerbang memaksanya untuk turun dari pesawat.

“Saya merasa benar-benar tidak dihormati oleh mereka. Itu adalah situasi emosional yang sangat menegangkan dan memalukan. Karena sekali lagi, kami telah mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh maskapai.”

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Dalam sebuah pernyataan, Southwest Airlines mengatakan maskapai mengharuskan semua penumpang di atas usia dua tahun untuk memakai masker saat berpegian agar membantu mencegah penularan Covid-19.

Dan jika penumpang tidak dapat memakai masker dalam alasan apa pun, dengan sangat menyesal, Southwest tidak dapat membawa penumpang tersebut.

“Kami mendapatkan barang bawaan kami, berkemas, kembali melalui keamanan, dan membayar hampir USD 600 untuk penerbangan pulang ke Amerika,” lanjut Degyansky.

 ilustrasi

Selama penerbangan itu, putranya tidur tanpa memakai masier. American Airlines tidak memerlukan masker sampai usia 3 tahun.

Meski begitu, Southwest mengatakan akan mengembalikan uang siapa pun yang dikeluarkan dari penerbangan, tetapi Degyansky belum mendengar kabar dari pihak maskapai atau menerima pengembalian uang tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini