Tips dari Pilot, Begini Cara Menyelamatkan Diri saat Kecelakaan Pesawat

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 406 2492767 tips-dari-pilot-begini-cara-menyelamatkan-diri-saat-kecelakaan-pesawat-Nvd1PHgqqs.jpg Pesawat mendarat di Bandara Osaka (Getty Images/iStock/Mirror)

SEORANG pilot membagikan sejumlah tips yang dapat digunakan penumpang untuk mempersiapkan diri jika mengalami kecelakaan pesawat.

Meskipun selamat dari kecelakaan pesawat adalah hal yang mustahil, tetapi 95 persen kecelakaan penerbangan sebenarnya dapat bertahan. Tetapi ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan peluang Anda keluar hidup-hidup.

Baca juga:  Pesawat Rombongan Penggemar Bisbol Jatuh lalu Terbakar, Semua Penumpang Selamat

Pada Minggu lalu, 20 orang berhasil keluar dari pesawat yang terbakar di luar Houston, Texas, Amerika Serikat, dengan hanya dua penumpang yang membutuhkan bantuan medis.

Tapi, apa yang harus Anda lakukan jika berada dalam situasi kecelakaan pesawat?

Nah, seorang pilot bernama Dave Inch bagikan rahasia untuk memastikan penumpang siap menghadapi situasi seperti itu.

Melansir dari The Mirror, Kamis (28/10/2021), Kapten pesawat Boeing 737 tersebut menulis semua tipsnya di situs berbagi informasi Quora, termasuk apa yang harus dikenakan.

 Baca juga: 10 Negara dengan Gaji Pilot Tertinggi di Dunia, Levelnya Sultan Guys

"Keluarkan semua benda tajam dari saku Anda, kendurkan ikat pinggang Anda dan lepaskan dasi atau syal Anda dan lepaskan sepatu hak tinggi," tulisnya.

"Lepaskan kacamata untuk mendarat agar tidak terbang dan siap membantu Anda melihat jalan keluar jika Anda membutuhkannya," tutur Dave.

Kapten juga menjelaskan bahwa penumpang harus tetap di kursi mereka sampai menerima instruksi dari pramugari. Mereka tidak boleh membuka pintu atau jendela kecuali disuruh melakukannya.

"Memiliki selembar kain (sebaiknya lembab) untuk membantu pernapasan jika ada asap. Kalau ada asap selama evakuasi, tetap (membungkuk) serendah mungkin,” lanjutnya.

 ilustrasi

Dave juga mengatakan "Jika pendaratan air, jangan mengembang pelampung sampai Anda berada di ambang pintu. Jika pelampung mengembang dan pesawat terisi air, Anda akan terjebak di langit-langit dan tidak bisa berenang di bawah air untuk keluar." 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini