Share

Pilot Tolak Divaksin, Maskapai Ini Habiskan Rp19 Juta Tiap Pekan Bayar Cuti Karyawan

Ruben Hard Silitonga, Jurnalis · Jum'at 29 Oktober 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 406 2493177 pilot-tolak-divaksin-maskapai-ini-habiskan-rp19-juta-tiap-pekan-bayar-cuti-karyawan-emipQd5cna.jpg Pesawat United Airlines (Reuters)

UNITED Airlines Inc menyatakan perusahaannya menghabiskan uang sampai USD1,4 juta atau Rp19,8 juta per dua pekan gara-gara ada sejumlah pilot yang tidak bersedia divaksinasi COVID-19. 

Uang itu digunakan untuk membayar cuti pilot tersebut karena rekan-rekannya tidak mau terbang bersama mereka dengan alasan keselamatan. 

Baca juga: Tips dari Pilot, Begini Cara Menyelamatkan Diri saat Kecelakaan Pesawat

Hal itu diungkapkan pihak maskapai United Airlines kepada hakim federal di Amerika Serikat yang menangani sidang gugatan yang diajukan pilot yang menolak aturan vaksin oleh perusahaan.

Melansir dari Bloomberg, Kamis (28/10/2021), uang cuti berbayar yang sudah dikeluarkan perusaan tidak mungkin dikembalikan bahkan jika mereka memenangkan gugatan yang menantang mandat vaksin maskapai untuk semua karyawan AS.

 

Hakim Distrik AS, Mark Pittman bergeming dengan pernyataan perusahaan.

Pada Senin lalu, ia memperpanjang perintah penahanan sementara hingga 8 November 2021, terkait larangan maskapai menempatkan pekerja yang tidak divaksinasi dengan keberatan agama atau medis terhadap mandatnya tentang cuti yang tidak dibayar.

Baca juga: COVID-19 Menggila, Maskapai Ini Wajibkan Vaksinasi Semua Karyawan

Pittman, yang ditunjuk mantan Presiden Donald Trump bahwa pengadilan akan mempertahankan status quo sebelum dia memutuskan apakah akan mencabut mandat aturan vaksin United.

Tanpa perintah penahanan, ratusan pekerja mungkin “dipaksa untuk melakukan vaksinasi yang melanggar keyakinan agama atau batasan medis mereka” atau menghadapi “ditempatkan pada cuti tanpa batas waktu,” tulis Pittman.

Para penggugat berpendapat selama akhir pekan bahwa pilot yang divaksinasi seharusnya “tidak tahu apakah mereka terbang dengan pilot yang tidak divaksinasi” dan bahwa “United harus memberi tahu pilotnya – seperti yang mereka lakukan kepada masyarakat umum – bahwa risiko tertular Covid-19 di pesawat United hampir nol.”

United berpendapat bahwa perintah itu tidak beralasan karena pilot yang menggugat akan mendapatkan "kerugian uang dan senioritas yang berlaku surut jika mereka akhirnya menang atas jasanya."

 Ilustrasi

Sementara biaya yang disebutkan dalam pengajuan relatif kecil untuk perusahaan seukuran United, industri penerbangan masih berjuang dengan dampak pandemi yang menghancurkan bisnisnya pada tahun 2020.

Perusahaan mengumumkan kerugian lebih dari $7 miliar tahun lalu sebagai penerbangan. lalu lintas hampir terhenti.

Kasusnya adalah Sambrano v. United Airlines Inc., 21-cv-01074, Pengadilan Distrik AS, Distrik Utara Texas (Fort Worth).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini