Share

Wow! Tanaman Penis Asal Indonesia Mekar untuk Pertama Kali di Eropa

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Jum'at 29 Oktober 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 406 2493355 wow-tanaman-penis-asal-indonesia-mekar-untuk-pertama-kali-di-eropa-6wYAbSvtmn.jpg Bunga bangkai mekar di Laiden Hortus Botanicus, Belanda (AFP/Getty Images via Indy100)

BUNGA bangkai (Amorphophallus) yang bentuknya menyerupai penis tumbuh mekar di taman Leiden Hortus Botanicus, Belanda. Ini kali pertama tanaman asal Indonesia itu mekar dalam 25 tahun terakhir. Tinggi saat mekar mencapai 6,5 kaki atau hampir 2 meter.

Baca juga: Momen Langka, Bunga Bangkai Mekar Sempurna di Kebun Raya Cobodas

Melansir dari Indy100, Rabu (28/10/2021), Amorphophallus merupakan tanaman langka yang berasal dari Pulau Jawa. Bunga itu mekar pada 19 Oktober 2021, dengan mengeluarkan bau yang menyengat.

Menurut ahli botani, ini hanya ketiga kalinya dalam sejarah bahwa salah satu tanaman penis berbunga di Eropa, di mana terakhir kali mekar pada 1997.

Seorang tukang kebun Belanda menanam Amorphophallus di Leiden Hortus Botanicus pada tahun 2015. Tanaman itu dirawat dengan cermat oleh para sukarelawan selama enam tahun sebelum akhirnya muncul awal pekan lalu.

Baca juga: Bunga Bangkai Raksasa Mekar, Ribuan Warga Rela Antre Berjam-Jam untuk Melihatnya

Rogier van Vugt, seorang manajer Rumah Kaca, mengatakan kepada media Belanda Omroep West bahwa nama tanaman Amorphophallus diterjemahkan menjadi penis tak berbentuk dalam bahasa Inggris.

“Tapi dengan sedikit imajinasi, Anda memang bisa melihat penis di tanaman itu. Sebenarnya, itu adalah batang yang panjang, dan di atasnya ada arum khas dengan pembuluh darah. Dan di tengahnya ada spadix putih tebal,” kata van Vugt.

Postingan Leiden Hortus Botanicus di Instagram menunjukkan sekelompok orang yang antusias melihat tanaman langka itu. Mereka tentu akan disambut dengan bau busuk yang keluar dari bunga.

Ilustrasi

Kemunculan bunga bangkai di Amerika Serikat merupakan hal yang langka dan biasanya menjadi berita nasional. Pada tahun 2006, kelopak bunga yang harum membuka Kebun Raya Brooklyn.

Pada tahun 2018, bunga mekar terakhir terjadi di New York City di Bronx's New York Botanical Garden. Ada juga penampakan di Chicago Botanic Garden.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini