Keren! Pusat Rehabilitasi Elang Jawa Dibangun di Kawasan Bromo Tengger Semeru

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 30 Oktober 2021 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 29 406 2493944 keren-pusat-rehabilitasi-elang-jawa-dibangun-di-kawasan-bromo-tengger-semeru-fWvGRcZF5I.JPG Burung Elang Jawa (Foto> MNC Portal Indonesia/Avirista Midaada)

KAWASAN Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) segera dibangun pusat rehabilitasi satwa dilindungi jenis Elang Jawa. Rencananya pembangunan rehabilitasi Elang Jawa ini seiring belum adanya tempat rehabilitasi Elang Jawa di Jawa Timur.

Mengingat selama ini pusat rehabilitasi Elang Jawa hanya terdapat di daerah Gunung Halimun Salak, Bogor, kawasan Kamojang yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Maka Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) merencanakan bakal membangun pusat rehabilitasi Elang Jawa di Jawa Timur.

Direktur Jenderal (Dirjen) KSDAE KLHK, Wiratno mengungkapkan, pusat rehabilitasi ini nantinya tak hanya diperuntukkan untuk Elang Jawa saja, melainkan juga beberapa satwa dilindungi lainnya.

Sebab selain bisa mengembangbiakkan satwa dilindungi, pusat rehabilitasi ini bisa memberikan edukasi ke masyarakat.

"Ya secara khusus Elang Jawa, tetapi karena di sini 200 jenis, nah mana yang dari 200 Jenis itu yang dilindungi. Maka itu yang menjadi efek dari keberadaan tempat rehabilitasi itu," ucap Wiratno, saat melepasliarkan Elang Jawa di TNBTS, Jumat, 29 Oktober 2021.

Baca juga: Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka, Begini Aturan untuk Pengunjung

TNBTS

(Foto: MPI/Avirista Midaada)

Wiratno pun berpesan agar masyarakat di Kabupaten Malang dan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger, juga turut menjaga ekosistem lingkungan Elang Jawa, agar tetap lestari dan tidak punah.

Sementara itu Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto menyatakan, kesiapannya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dalam memfasilitasi dan mendukung pembangunan pusat rehabilitasi Elang Jawa di Kabupaten Malang.

Apalagi Elang Jawa ini merupakan cikal bakal Garuda, yang menjadi simbol negara. Pusat rehabilitasi ini nantinya juga bisa menambah lokasi wisata di Kabupaten Malang, dimana pusat rehabilitasi Elang Jawa ditargetkan menjadi wisata edukasi.

Baca juga: Keren! Jembatan Kaca Sepanjang 120 Meter Dibangun di Wisata Bromo

"Menurut kami Malang tepat kalau ada tempat konservasi. Rehabilitasi khusus elang Jawa. Sehingga ini bisa menjadi wisata edukasi," kata Didik Gatot.

Ia menyebut, kawasan TNBTS inilah yang dinilai cocok menjadi pusat rehabilitasi sebelum Elang Jawa dilepas liarkan ke alam liar.

"Tentunya karena kita punya kawasan Bromo Tengger Semeru. Ya di antara ini. Ini kan mulai dari rest area masih ada beberapa titik yang masih bisa dikerjakan. Insya Allah kami bersepakat itu. Dan kami akan bekerja sama dengan beliau. Mesti harus dilaporkan ke pak bupati, agar bisa ditindaklanjuti. Kalau memang ini bisa, ini luar biasa," paparnya.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat Kabupaten Malang di sekitar TNBTS untuk bersama - sama turut menjaga kawasan konservasi. Pelepasliaran Elang Jawa di TNBTS ini menjadi momen bersama-sama agar tetap lestari dan meminta agar jangan diburu.

Baca juga: Menjaga Habitat Elang Inspirator Garuda di Gunung Gede Pangrango

TNBTS

(Foto: MPI/Avirista Midaada)

"Agar tidak terkurangi melakukan perburuan ke satwa dilindungi. Pemerintah daerah mendukung apa yang menjadi tugas dan kewajiban kita. Kegiatan seperti ini menjadi cara meningkatkan pemahaman terhadap keanekaragaman hayati. Karena Elang Jawa menjadi bagian dari satwa yang harus dijaga, maka ini perlu menjadi suatu atensi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Raptor Indonesia Zaini Rakhman mengungkapkan, secara habitat kawasan TNBTS di Kabupaten Malang ini memungkinkan untuk dijadikan pusat rehabilitasi.

"Secara habitat ini memungkinkan, artinya semakin habitatnya variatif, semakin bagus, itu peluang untuk bisa berkembangbiak dengan bagus," ucap Zaini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini