Share

Lagi Bersih-Bersih Rumah Dapat Berlian Rp39 Miliar, Nenek Ini Kaya Mendadak

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Jum'at 29 Oktober 2021 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 29 406 2493972 lagi-bersih-bersih-rumah-dapat-berlian-rp39-miliar-nenek-ini-kaya-mendadak-BbT3G840Ur.jpg Berlian 34 karat milik perempuan di Inggris sempat dikira permata murahan (Featonby's Auctioneers via BBC)

SEORANG perempuan Inggris mendapatkan rezeki nomplok £2 juta (Rp39 miliar) setelah permata yang ia kira murahan terungkap sebagai berlian asli 34 karat lewat sederet pengujian.

Pemiliknya yang merupakan nenek berusia 70-an, tengah membersihkan rumahnya di Northumberland, Inggris, dan membawa barang itu untuk ditakar nilainya. Dia membawanya bersama dengan sejumlah barang lain yang dia beli dari pasar loak dan dikumpulkan dalam kotak.

Baca juga: Hoki Banget! Wanita Pensiunan Temukan Berlian 4,38 Karat saat Berwisata

Juru lelang Mark Lane mengatakan nilai perhiasan tersebut adalah "kejutan besar".

Permata tersebut, yang lebih besar dari ukuran koin satu poundsterling, akan dilelang bulan depan.

Lane, dari Featonby's Auctioneers di North Shields, North Tyneside, mengatakan: "Perempuan itu datang membawa sekantong perhiasan, dia membawanya ke sini karena kebetulan melewati toko dan dia sudah punya janji lain"

"Berlian itu ada di dalam kotak disimpan dengan cincin kawinnya dan sejumlah barang perhiasan murahan lain.

"Kami melihat batu yang cukup besar, lebih besar dari koin satu poundsterling, dan saya pikir itu adalah zirkon CZ [cubic zirconia, berlian imitasi sintetis]. Berlian itu saya simpan di meja selama dua atau tiga hari sampai saya mengeceknya dengan mesin penguji berlian.

Baca juga: Ribuan Orang Bergegas ke Desa Berburu Berlian di Afrika Selatan

"Kami kemudian mengirimkannya ke mitra kami di London sebelum disertifikasi oleh para pakar di Antwerpen, Belgia, yang mengonfirmasi bahwa itu adalah 34 karat."

Pengukuran karat bergantung pada berat batu, di mana batu yang lebih berat memiliki karat dan nilai yang lebih tinggi.

Lane mengatakan pemiliknya, yang ingin tetap anonim, tidak ingat di mana atau kapan dia membelinya.

"Dia sering mengunjungi pasar barang bekas dan membeli pernak-pernik, tetapi tidak pernah sekalipun dia mengira itu berlian asli.

"Dia memberi tahu kami bahwa dia sedang bersih-bersih dan berlian itu hampir dibuang ke tempat sampah sebelum tetangganya menyarankan untuk membawa barang-barangnya kepada kami untuk ditakar nilainya."

'Tiada tandingan'

Lane, yang telah menjalankan bisnis lelang selama lima tahun setelah membelinya dari pemilik sebelumnya, menambahkan berlian tersebut adalah barang termahal yang pernah dia tangani.

"Warnanya, kejernihannya, ukurannya... menemukan berlian 34 karat itu tidak ada tandingannya."

Berlian itu dijaga ketat di pusat perhiasan Hatton Garden London sampai dilelang pada 30 November.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini