Share

Warga Kepulauan Ini Nikmati Sunset Terakhir di 2021, Selanjutnya Matahari Tak Terbit Lagi

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Minggu 31 Oktober 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 30 406 2494278 warga-kepulauan-ini-nikmati-sunset-terakhir-di-2021-selanjutnya-matahari-tak-terbit-lagi-JuvON3cmDs.jpg Ilustrasi sunset (Freepik)

BEBERAPA wilayah di dunia memang tak selalu mendapatkan sinar matahari. Pada waktu-waktu tertentu, kawasan Kutub Utara dan Kutub Selatan tidak terlihat matahari. Salah satunya adalah di Kepulauan Svalbard.

Svalbard yang berada di tengah Norwegia dan Kutub Utara memiliki musim dingin yang panjang tanpa sinar bulan maupun matahari. Periode tergelap adalah November hingga Februari.

Baca juga:  6 Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan, Lebih Dingin Mana?

Baru-baru ini beredar video di TikTok @Cecilia Blomdahl yang diunggah seorang warganet yang tinggal di Svalbard. Dalam klipnya ia menampilkan suasana matahari terbenam di Svalbard pada 26 Oktober 2021. Menurutnya, ini adalah sunset terakhir pada 2021 yang dinikmati warga setempat.

"Hari ini matahari terbit pada pukul 12:26 dan terbenam pada pukul 12:54, jadi malam kutub telah resmi dimulai," jelasnya dalam keterangan video.

Cecilia mengatakan hari-hari selanjutnya adalah periode musim dingin yang gelap di Svalbard, tanpa ada sinar matahari. Warga akan membungkus badannya dengan jaket tebal, sepatu boots, topi kupluk, dan sarung tangan untuk memberi kehangatan di tengah dingin yang menikam tulang.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Perjalanan ke Antartika, Benua Indah di Belahan Bumi Selatan

Svalbard akan kembali disinari matahari pada Maret 2022. Warga setempat punya tradisi menyambut terbit matahari dengan perayaan khusus.

Video TikTok tersebut telah ditonton oleh lebih dari 6,2 juta dengan ribuan komentar.

"Waww mau juga bisa ngerasain tinggal di sana buat lihat aurora," tulis @canaria.

"Itu hal menarik, untuk orang yang sangat suka tidur ," guyon @lalayam_. (sal)

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini