Share

Ososo Matsuri, Festival Vagina sebagai Simbol Kesuburan dan Tolak Mandul

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Senin 01 November 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 01 406 2494746 ososo-matsuri-festival-vagina-sebagai-simbol-kesuburan-dan-tolak-mandul-0OlADYr1w5.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JEPANG memiliki beragam tradisi maupun festival unik dengan filosofi yang berbeda-beda. Salah satunya ialah Ososo Matsuri.

Tradisi ini dikenal sebagai salah satu perayaan kuno yang selalu menarik di negeri sakura. Secara harfiah Ososo Matsuri dapat diartikan sebagai 'Festival Vagina'.

Asal tahu saja, perayaan ini sudah eksis sejak 1.500 tahun silam. Ososo Matsuri tidak hanya dimaksudkan untuk kesehatan wanita, akan tetapi juga untuk mensyukuri atas jumlah panen yang melimpah dan segala macam kemakmuran dan kesuburan.

Kuil Shinto Ooagata sebagai salah satu tempat yang digunakan untuk merayakan musim semi dengan festival unik yang bertemakan kesuburan, tepat pada hari Minggu kedua di bulan Maret.

Baca juga: Mengenal Festival Hadaka Matsuri, Pesta Telanjang Doakan Panen di Jepang

Infografis Suku Kanibal

Jika menyempatkan berkunjung ke kuil Shinto Ooagata, wisatawan akan menemukan sebuah batu berbentuk vagina yang disebut Hime Ishi (yang artinya batu vagina suci).

Menariknya, parade tahunan ini akan dipenuhi oleh para wanita yang membawa simbol Miss V melalui jalan-jalan kota di Inuyama, Jepang.

Festival shinto kuno yang juga dikenal dengan sebutan Ososo Matsuri ini secara harfiah diartikan sebagai Festival Vagina.

Perayaan tersebut tidak hanya dimaksudkan untuk kesehatan wanita, tetapi juga untuk mensyukuri atas jumlah panen yang melimpah dan segala macam kemakmuran dan kesuburan.

Warga setempat percaya dengan mengikuti Ososo Matsuri dapat menyembuhkan kemandulan, impotensi, dan menjamin kesuksesan bisnis serta kesuburan di tahun-tahun yang akan datang.

Selama parade berlangsung, para wanita akan memakai baju atasan putih yang sewarna dengan penutup kepala yang panjang, dipadu bawahan berwarna merah menyala.

Baa juga: Festival Onda Matsuri, Ritual Minta Kesuburan Diwarnai Adegan Seksual

Uniknya lagi, para wisatawan juga dapat menemukan beberapa item berbentuk alat genital, baik wanita maupun pria, yang berupa miniatur atau makanan. Barang-barang tersebut umumnya dijual bebas di jalan-jalan Kota Inuyama saat perayaan dihelat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini