Intip Perayaan Halloween di 5 Negara, Ritual Memanggil Arwah hingga Parade Kostum Horor

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 01 November 2021 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 01 406 2494903 intip-perayaan-halloween-di-5-negara-ritual-memanggil-arwah-hingga-parade-kostum-horor-7edtjSBYoz.jpg Macnas Halloween Parade, tradisi Halloween di Irlandia (galwaytourism.ie)

WARGA dunia tentu tidak asing dengan momentum perayaan Halloween yang berlangsung persis di akhir bulan kesepuluh dalam setiap tahunnya pada 31 Oktober.

Halloween adalah sebuah momen yang identik dengan sesuatu yang menyeramkan karena berangkat dari sejarahnya yakni merupakan sebuah perayaan malam hari raya semua orang kudus atau sosok roh yang sudah meninggal (All Hallow’s Day).

Baca juga: Sulap Rumahnya Jadi Area Squid Game, Remaja Ini Rela Habiskan Uang Rp283 Juta

Untuk memperingatinya, sejumlah masyarakat dari Negara dunia memiliki masing-masing cara dan adat istiadanya. Penasaran? Berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan 5 perayaan Halloween di berbagai negara :

1. Dia De Los Muertos, Meksiko

Dia De Los Muertos adalah perayaan terkenal di Meksiko. Ini adalah hari orang mati yang biasanya dirayakan selama tiga hari, umumnya dari 31 Oktober tiap tahun. Tradisi ini mirip Halloween, karena perayaannya diwarnai parade kostum seram dan momentumnya berbarengan.

Upacara perayaan Dia De Los Muertos dilakukan oleh masyarakat setempat dengan cara menempatkan ofrenda atau meja persembahan di dalam rumah mereka yang berisikan bunga, makanan, lilin, dan tentu saja yang paling utama adalah foto anggota keluarga yang telah meninggal.

Baca juga: 11 Tempat Wisata Mistis di Inggris, Cocok Dikunjungi saat Halloween

Masyarakat Meksiko percaya bahwa dengan melakukan hal tersebut, arwah mereka yang sudah meninggal akan hadir kembali di bumi. Adapun perayaan Dia De Los Muertos juga tersaji dalam sebuah jalan cerita film Disney yakni ‘Coco’ (2017).

Ilustrasi

2. Teng Chieh, China

Setali tiga uang dengan Warga Meksiko, masyarakat China juga memiliki ritual serupa yakni memanggil arwah keluarga mereka yang sudah meninggal pada saat Halloween melalui upacara ritual bernama Teng Chieh.

Perbedaan Teng Chieh dengan Dia De Los Muertos terletak pada prosesinya, dimana orang China setelah menghadirkan ofrenda berisikan sesaji dan foto keluarga nya yang telah meninggal, mereka akan menyalakan api unggun dan menerbangkan lampion yang bertujuan sebagai pemandu bagi arwah yang sudah meninggal untuk kembali ke bumi.

Masyarakat Tiongkok percaya dengan prosesi tersebut, ‘mereka’ akan kembali datang ke Bumi untuk mencari kasih sayang selama bulan ketujuh dalam Kalendar Lunar.

3. Macnas Halloween Parade, Irlandia

Adalah perayaan Halloween oleh warga Irlandia dengan membuat acara parade patung-patung raksasa yang menyeramkan yang diarak ke berbagai jalan di sudut kota.

Parade ini juga dimeriahkan oleh permainan anak-anak ‘Knock-a-dolly’ yaitu permainan mengetuk pintu rumah orang lain dimana mereka harus telah berlari dan tidak terlihat sebelum pemilik rumah membuka pintu.

Tradisi lainnya dalam Macnas Halloween Parade adalah penyajian kue khas Irlandia Barmbrack yang telah diisi kain yang diyakini bisa meramalkan masa depan si penerima kue.

4. All Saints Day, Inggris

Inggris punya salah satu tradisi Halloween paling terkenal yakni All Saints Day, yang beda dulu dan kini. Dulu tradisi ini digunakan oleh masyarakat Negeri Ratu Elizabeth itu untuk mendoakan orang-orang yang baru meninggal agar segera mencapai surga.

Namun kini, perayaan All Saints Day telah berubah menjadi modern dengan sejumlah kegiatan seperti permainan Trick or Treat yang legendaris itu hingga lomba makan dan mengambil koin dari buah apel yang sudah diisi benda-benda seperti kacang, koin hingga cincin.

Apel itu akan diletakkan di atas tong berisi air yang hanya boleh dibuka menggunakan mulut. Dan aturan mainnya adalah siapapun yang berhasil membuka dan mendapatkan koin akan meraih keberuntungan!

5. Kawasaki Halloween Parade di Jepang

Perayaan momentum Halloween dengan acara yang lebih modern juga dilakukan oleh Jepang. Warga Negeri Sakura itu biasanya mengenakan berbagai kostum seram dan unik lantas memamerkannya dengan berjalan sepanjang 1,5km di sekitar Stasiun JR Kawasaki dan dekat pusat perbelanjaan La Cittadella.

Tak heran bahwa nama acara tersebut adalah Kawasaki Halloween Parade, dan acara ini menjadi salah satu perayaan Halloween yang terkenal di Jepang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini