Share

Mau ke Luar Kota? Naik Pesawat, Kereta hingga Bus Kini Boleh Pakai Antigen Lho!

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 02 November 2021 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 406 2495255 mau-ke-luar-kota-naik-pesawat-kereta-hingga-bus-kini-boleh-pakai-antigen-lho-4QaUgYP6N8.JPG Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

PEMERINTAH resmi merevisi aturan syarat penerbangan yang semula wajib tes PCR kini cukup membawa hasil negatif antigen.

Tak hanya penumpang pesawat, aturan terbaru ini juga berlaku bagi moda transportasi lainnya seperti kereta api dan bus.

Keputusan tersebut diambil pasca-rapat evaluasi pelaksanaan PPKM yang dipimpin oleh Wakil Presiden (Wapres) KH. Maruf Amin.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, perjalanan udara wilayah Jawa Bali tidak lagi harus PCR, tapi bisa menggunakan antigen.

Baca juga:ย Dear Traveler, Naik Pesawat dan KA Tak Perlu Aplikasi PeduliLindungi Mulai Oktober

โ€œUntuk perjalanan akan ada perubahan yaitu untuk wilayah Jawa dan Bali perjalanan udara tidak lagi mengharuskan tes PCR. Tapi cukup menggunakan tes antigen. Sama dengan yang diberlakukan dengan luar Jawa Bali, sesuai dengan usulan dari Bapak Mendagri,โ€ katanya dalam konferensi pers, Senin, 1 November 2021 kemarin.

Syarat Naik Pesawat

Meski demikian, penumpang pesawat tetap boleh menunjukkan hasil tes PCR yang sampelnya diambil 3x24 jam atau H-3 sebelum keberangkatan sebagaimana diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 55 Tahun 2021.

Aturan serupa juga berlaku bagi pelaku perjalanan kapal laut, kereta api dan bus antar-kota provinsi baik Jawa-Bali maupun luar Jawa-Bali.

Hasil tes antigen berlaku 1x24 jam sebelum hari keberangkatan. Seluruh pelaku perjalanan juga wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini