Share

Kenalkan Kearifan Lokal, Sandiaga Uno Kenakan Lurik Jepara & Ajak Dubes Arab Saudi Makan Basreng

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 02 November 2021 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 406 2495635 kenalkan-kearifan-lokal-sandiaga-uno-kenakan-lurik-jepara-ajak-dubes-arab-saudi-makan-basreng-LEQg57Dfnh.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno dan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Esham Abid Althagaf (Foto: Instagram/@sandiuno)

LANGKAH cepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional terus dikebut Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

Kali ini, dirinya mengundang Duta Besar Kerajaan Arab Saudi, Esam A. Abid Althagaf berkunjung ke ruang kerjanya di kantor Kemenparekraf, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (2/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan pemerintah RI dan Arab Saudi kini tengah membahas tentang pembukaan pariwisata di kedua negara.

Di antaranya umroh dan haji serta wisata sejarah di Arab Saudi. Selanjutnya pembukaan kembali pariwisata bagi wisatawan mancanegara, termasuk wisatawan asal Arab Saudi.

Kesepakatan tersebut diharapkannya mampu menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat seluas-luasnya.

"Matur nuwun sanget (terima kasih sekali) Omah Lurik Jepara, ini kostum yang saya pakai tadi untuk menerima Dubes Saudi Arabia," ujar Sandiaga.

Baca juga: Komentari Kasus Rachel Vennya, Sandiaga Uno: Pembelajaran bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Menparekraf Sandiaga Uno

(Foto: Instagram/@sandiuno)

"Kita setuju untuk mulai pembicaraan tingkat lebih lanjut mengenai pembukaan pariwisata, baik umroh dan haji ke depan dan site trip di Arab Saudi yang bisa membuka kembali peluang usaha dan lapangan kerja tentunya serta membangkitkan dan memulihkan parekaf," ujarnya.

"Matur nuwun sanget nggih, Omah Lurik Jepara, tempat kelahiran dari kakekku," tutupnya.

Pembahasan kerjasama bilateral pun berakhir ke pojok UMKM di kantor Kemenparekraf. Momen tersebut diunggah kembali lewat akun instagramnya @sandiuno.

Dalam potret yang dibagikan, Sandiaga menunjukkan pakaian yang dikenakannya serta sejumlah produk olahan kuliner unggulan Nusantara. Satu di antaranya mencicipi kopi dan basreng, yakni bakso goreng.

"Ahlan wa sahlan. Selamat datang saya ucapkan kepada H.E. Mr. Esam A. Abid Althagaf, Duta Besar Kerajaan Arab Saudi yang telah berkunjung ke @kemenparekraf.ri. Kami mengapresiasi serta sepakat untuk terus menjalin kerjasama, bukan hanya di sektor haji dan umroh, namun juga saling mendatangkan wisatawan pasca pandemi nanti.

Menparekraf Sandiaga Uno

(Foto: Instagram/@sandiuno)

Insya Allah ini akan menjadi langkah GERCEP dan GASPOL kita dalam pemulihan LAPANGAN KERJA bagi masyarakat.

Dalam pertemuan ini saya dengan bangga memakai pakaian daerah khas Jepara karya Mas @suryodoni7, yang merupakan UMKM binaan komunitas @gemawira.official. Saya pun juga sempat mengajaknya berkeliling, melihat produk-produk ekonomi kreatif nusantara seperti Kopi dan basreng," tulis Sandi pada postingannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini