Share

Kehidupan di Palung Mariana, Titik Terdalam Bumi yang Dihuni 'Monster'

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Kamis 04 November 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 03 406 2496176 kehidupan-di-palung-mariana-titik-terdalam-bumi-yang-dihuni-monster-pqaCGu6TLR.jpg Sedikit kehidupan di Palung Mariana yang terekam kamera (Inserbia)

PERNAH mendengar kehidupan di Palung Mariana? Atau masih asing dengan namanya? Berikut penjelasannya.

Bila Gunung Everest titik tertinggi di bumi, maka Palung Mariana adalah titik terdalam bumi.

Palung Mariana merupakan palung terdalam yang melintasi dasar laut, bahkan disebut bentuknya mirip jurang.

Baca juga:  Hantu dari Laut Dalam Terungkap lewat Ekspedisi di Palung Mariana

Terletak di barat Samudera Pasifik di sebelah timur kepulauan Mariana, palung ini memiliki panjang 1.500 mil atau 2.550 kilometer dengan lebar 63 meter, serta kedalaman mencapai 11 kilometer.

Tak heran, Palung Mariana jauh lebih dalam daripada puncak Everest.

 ilustrasi

Kehidupan di Palung Mariana ditemukan sampah (Reuters)

Dirangkum dari beberapa sumber, Palung Mariana terbentuk ketika dua lempeng tektonik saling bertabrakan. Pada titik tumbukan, salah satu lempeng yang jatuh ke dalam mantel bumi, menciptakan parit laut.

Lantaran kedalamannya yang ekstrem, Palung Mariana diselimuti oleh kegelapan abadi dan suhunya hanya beberapa derajat di atas titik beku.

Tekanan airnya pun bisa mencapai 8 ton per inci persegi atau sekitar seribu kali tekanan atmosfer standar di permukaan laut.

Sebab itulah hanya makhluk hidup tertentu saja yang dapat hidup di Palung Mariana dengan tekanan yang ekstrem tersebut. Salah satunya adalah ikan seadevil yang pernah ditemukan.

Baca juga:  5 Destinasi Wisata Dunia Paling Banyak Dicari di Google Selama Pandemi COVID-19

Ikan seadevil termasuk hewan unik yang memiliki rupa menyeramkan bak monster. Disebut juga setan laut hitam, ikan ini memiliki cahaya yang terlihat seperti lampu penerangan di kepalanya. Dan ternyata, ini berfungsi untuk memikat mangsa yang mendekatinya.

Adanya lampu itu menjadi kelebihan tersendiri bagi seadevil sehingga mereka bisa hidup di kedalaman laut tanpa bermandikan cahaya.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Selain ikan seadevil, ada juga beberapa mikroba yang hidup di Palung Mariana. Makhluk ini bergantung pada metana dan belerang.

Dan untuk makhluk lain, mereka bertahan hidup dengan memakan makhluk hidup lain yang menduduki posisi paling bawah dalam rantai makanan.

Kemudian terdapat tiga organisme yang hidup di palung ini, di antaranya adalah holothurians, xenophyophores, dan amphipoda.

 ilustrasi

Sementara itu, ditemukan pula makhluk unik oleh para ilmuwan pada tahun 2017. Ini disebut sebagai ikan siput Mariana, mereka bisa hidup dengan kedalaman kurang lebih 26.200 kaki (8.000 meter).

Ikan siput Mariana memakan hewan invertebrata yang melimpah di parit itu. Hewan ini juga dapat berada di jauh kedalaman daripada ikan lainnya sehingga menjadi dominan di dalam ekosistem tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini