Share

Sandiaga Uno Ajak Insinyur Bantu Majukan Pariwisata, Infrastruktur Jadi Prioritas

Antara, Jurnalis · Sabtu 06 November 2021 00:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 406 2497505 sandiaga-uno-ajak-insinyur-bantu-majukan-pariwisata-infrastruktur-jadi-prioritas-Q1LpEIezch.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Dok. Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak insinyur Indonesia berkontribusi memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional.

"Saya percaya para insinyur memiliki andil penting untuk mengabdi dan berkontribusi memajukan sektor parekraf Indonesia, di mana kita harus berani mengambil peluang untuk dapat mendorong perekonomian Indonesia yang semakin kompetitif," ujar Sandi dalam webinar bertajuk 'Kebangkitan Sektor Pariwisata Era Baru di Indonesia', Jumat, 5 November 2021.

Dirinya juga mengajak para insinyur untuk terlibat aktif dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan, bersama-sama membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19.

Sandiaga juga sangat mengapresiasiĀ Persatuan Insinyur IndonesiaĀ (PII) yang sudah menyusun sebuah rekomendasi dari hasil focus group discussion atau FGD guna mendukung pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif agar semakin berdaya saing unggul, teknologi adapatif dalam mewujudkan world class experience.

Baca juga:Ā Bangkitkan Pariwisata, Sandiaga Uno: Perkuat Kolaborasi Antarsektor

Infografis Wisata Bali Dibuka

Dalam berbagai kesempatan, Sandi kerap menyampaikan bahwa inovasi, adaptasi dan kolaborasi merupakan strategic direction dalam membangun pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

"Kita ketahui bersama bahwa beberapa bulan terakhir, pemerintah telah dianggap berhasil dalam mengendalikan Covid-19. Selain itu pemerintah juga tengah gencar melakukan akselerasi vaksinasi di berbagai lokasi yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia," tuturnya.

Terlebih, sudah mulai dibukanya perbatasan Indonesia sebagai pintu masuk turis mancanegara diharapkan dapat mendorong pemulihan pariwisata nasional.

Baca juga:Ā Kenalkan Kearifan Lokal, Sandiaga Uno Kenakan Lurik Jepara & Ajak Dubes Arab Saudi Makan Basreng

Sementara, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Heru Dewanto pada kesempatan yang sama mengaku, pihaknya telah melakukan kajian terhadap berbagai permasalahan di Indonesia yang disebabkan oleh pandemi, termasuk persoalan yang menimpa industri parekraf Indonesia.

"Kami di tengah pandemi telah melakukan suatu refleksi, suatu imajinasi, desain ulang Indonesia ke depan, salah satunya adalah sektor pariwisata," kata Heru.

Menurut dia, pemerintah perlu menyusun suatu standar protokol untuk mengaktifkan kembali daerah-daerah wisata tertentu. Selain itu, diperlukan pula pilot project di suatu daerah, yang kemudian direplikasi ke daerah lainnya.

Diharapkan nantinya akan muncul 10 'Bali baru' di Indonesia, yang pada akhirnya bisa memulihkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif dalam negeri.

Indonesia lanjutnya, memilliki banyak insinyur yang dapat dimanfaatkan untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Baca juga:Ā Indonesia Kalah dari Vietnam di Asia's Leading Destination, Begini Reaksi Sandiaga Uno

Infografis Geopar Indonesia

Jika mengacu pada laporan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), industri pariwisata secara global sangat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Sejak tahun 2019, industri pariwisata turun hingga 74 persen.

Dikatakannya Heru, terdapat satu miliar kedatangan internasional 'hilang' imbas pandemi, yang nilainya setara dengan USD1,3 triliun.

"Di Indonesia sendiri menurut laporan Bank Dunia, ada 'jurang' talenta di tujuh sektor yang dianggap menghambat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satu satu sektor tersebut adalah sektor pariwisata. Diperkirakan, Indonesia kehilangan sekitar 40 juta wisatawan lokal akibat pandemi," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini