Share

Intip Suasana Pura Segara Kidul Guyangan Bali, Pengunjung Melewati Ratusan Anak Tangga

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Minggu 07 November 2021 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 07 406 2497900 intip-suasana-pura-segara-kidul-guyangan-bali-pengunjung-melewati-ratusan-anak-tangga-ge66ePUvug.jpg Pengunjung melewati ratusan anak tangga menuju Pura Segara Kidul (dok YouTube Vembri Hoki)

 Pura Segara Kidul Guyangan, Dusun Antapan, Desa Batukandik, Nusa Penida merupakan salah satu objek wisata religius yang bisa dikunjungi saat liburan di Bali.

Tempat pura yang berada di bagian selatan pulau Nusa Penida dan langsung menghadap pantai Nusa Penida.

Untuk menuju Pura Segara Kidul Guyangan, pengunjung harus melewati ratusan anak tangga yang bertempat di lokasi yang cukup ekstrim namun menyuguhkan pemandangan laut Nusa Penida yang indah.

Pura Segara

Baca Juga:

Wow! Maskapai Ini Imingi Pramugari Kenaikan Gaji 3 Kali Lipat, Asal....

Paksa Masuk Toilet, Pria Hajar Penumpang Kereta hingga Alami Kerusakan Mata

Pura Segara Kidul berkaitan erat dengan cerita Astagangga, yang dimana pada babat Nusa Penida terdapat delapan sumber mata air kehidupan. Serta terdapat sumber mata air suci yang diyakini sebagai peneduh alam semesta dan masyarakat.

Sebelum memasuki area pura, pengunjung dapat berkesempatan melukat (pembersihan diri) di jaba pura. Kemudian, pengunjung bisa mencoba mata air guyangan. 

Di Pura Segara Kidul terdapat tiga pelinggih sesuai dengan Tri Murti, yakni Wisnu Tirta sebagai pembersih karma masa lalu. Brahma Tirta sebagai pengurip karma, dan Siwa Tirta sebagai tirta keabadian. Serta didampingi pelinggih Ratu Kidul, yang welas asih dan bijaksana.

Berdasarkan kepercayaan, Ratu Kanjeng Kidul dikenal dengan kesaktiannya, dan memiliki paras yang sangat cantik. Daerah kekuasaan Ratu Kidul sangatlah luas, meliputi Samudera Hindia dengan gelombang lautnya yang tinggi dan ganas. Sehingga dikenal dengan Ratu Pantai Selatan.

Dalam rangka penghormatan, maka diletakkan juga patung Ratu Kanjeng Kidul di mata air Guyangan tepat di pantai selatan Nusa Penida. Memiliki tujuan agar laut Nusa Penida tetap terjaga. Di mata air Guyangan ini terdapat Tirta Pengurip yang termasuk salah satu Tirta Astagangga di Nusa Penida.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini