Bangga Desa Wisata Religi Bubohu Gorontalo Lolos 50 Besar ADWI 2021, Sandiaga Uno Sampai Terharu

Antara, Jurnalis · Senin 08 November 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 406 2498278 bangga-desa-wisata-religi-bubohu-gorontalo-lolos-50-besar-adwi-2021-sandiaga-uno-sampai-terharu-Yro2qCFhEh.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Wisata Religi Bubohu di Gorontalo (Foto: Antara/Debby Mano)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengaku terpikat dengan Desa Wisata Religi Bubohu di Gorontalo.

Obyek wisata yang terletak di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, itu masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

“Saya bangga, bahkan sampai terharu karena antusias yang tinggi masyarakat di Bongo. Tidak salah desa ini mendapatkan kehormatan masuk dalam 50 besar ADWI," katanya.

Menurutnya, sebagian wisatawan memiliki minat pada wisata desa religi dan Bongo memiliki daya tarik tersebut, dengan adanya pesantren alam Bubohu yang dirintis oleh seorang tokoh Yosef Tahir Ma'ruf.

Baca juga: Sambangi Desa Karanganyar, Sandiaga Uno: Gerabah Jadi Daya Tarik Luar Biasa

Sandiaga Salahuddin Uno

(Foto: Antara/Debby Mano)

Meski Yosef yang lebih dikenal dengan nama Yotama telah berpulang pada 2019, pesantren alam sekaligus obyek wisata yang tidak pernah memungut tarif dari pengunjung tersebut masih beroperasi.

Di pesantren alam ini, warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa melakukan aktivitas religi seperti mengaji bersama dengan jadwal-tertentu yang telah disepakati.

Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim berharap Desa Wisata Religi Bubohu akan masuk 10 besar dalam ADWI 2021.

Idris mengatakan, kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat mendukung pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo.

Pada kunjungan tersebut Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan bantuan 250 ribu paket antiseptik untuk mendukung protokol kesehatan dan bantuan bagi masyarakat yang mengikuti vaksinasi Covid-19.

Selain itu ada pula bantuan kredit usaha rakyat (KUR) mikro, dan akses internet selama setahun untuk Desa Wisata Religi Bubohu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini