10 Minuman Alkohol Asli Jepang Selain Sake, Dibuat dari Bahan Alami

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Selasa 09 November 2021 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 406 2498641 10-minuman-alkohol-asli-jepang-selain-sake-dibuat-dari-bahan-alami-amx31ONpVU.jpg 10 minuman alkohol asli Jepang, salah satunya awamori (kanpai.us)

SEDIKITNYA ada 10 minuman alkohol asli Jepang selain sake. Di Jepang, minum minuman yang mengandung alkohol adalah hal yang umum, bahkan menjadi konsumsi harian.

Bila Anda menonton anime atau drama Jepang, pasti sudah tak asing dengan karakter orang dewasa yang cukup sering ditampilkan tengah minum minuman keras, sake.

Mereka biasanya datang ke bar dan meminum sake setelah jam pulang kantor, menikmati minuman itu bersama teman-teman sebagai bentuk perayaan kecil atau untuk memperkuat ikatan bisnis.

Baca juga:  Kyabakura Kelab Malam Terkenal di Jepang, Hindari 5 Hal Ini saat Berkunjung!

Namun, selain sake, tenyata ada 10 minuman alkohol asli Jepang lainnya, lho. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

Mugi Shochu

Minuman satu ini berasal dari kota Okinawa. Shochu merupakan salah satu minuman keras yang memiliki kadar alkohol tinggi, yakni 25%-37%. Minuman ini juga memiliki rasa manis sehingga dijadikan bahan untuk membuat cocktail.

ilustrasi

 Mugi sochu (dbasia.club)

Biasanya, kebanyakan orang meminum shochu akan mencampurkannya dengan air dan soda. Hal ini dimaksudnya agar mengurangi kadar alkoholnya. Shochu sendiri dibuat dari tebu dan sayur-sayuran yang telah difermentasikan.

Soba-cha

Selanjutnya ada soba-cha, minuman beralkohol yang biasanya diminum saat musim panas. Minuman ini disajikan dengan dingin sehingga ketika meminumnya memberikan rasa yang menyegarkan untuk tubuh.

 ilustrasi

Soba-cha (dbasia.club)

Soba-cha juga menjadi munuman yang menyehatkan karena di dalamnya terkandung vitamin, protein, mineral, serat, dan asam amino. Seperti namanya, minuman ini terbuat dari biji soba panggang.

Amazake

Memiliki tampilan mirip bubur, Amazake termasuk minuman keras yang mengandung kadar alkohol rendah. Rasa minuman ini juga manis, sebab itulah memiliki nama lain, yaitu sake manis.

Baca juga:  Mengenal Tradisi Unagi di Jepang, Memasukkan Belut ke Organ Intim Wanita hingga Orgasme

Amazake dibuat dari beras yang telah difermentasikan. Minuman beralkohol ini sering dikonsumsi saat musim dingin sehingga dapat menghangatkan tubuh.

 ilustrasi

Oolong-cha

Oolong-cha atau teh oolong, diyakini memiliki manfaat seperti teh hijau dan teh hitam, di mana baik untuk kesehatan dan kecantikan. Minuman ini juga memiliki oksidasi yang rendah.

Chuhai

Minuman keras berikutnya ada chuhai, termasuk dalam minuman beralkohol dengan kadar yang tinggi, bahkan mencapai 25%. Chuhai memiliki rasa yang unik, perpaduan antara shochu dan jus buah. Itulah mengapa disebut minuman nektar untuk para dewa.

Umeshu

Umeshu merupakan salah satu minuman tradisional Jepang yang dibuat dari buah plum atau ume. Selain untuk memberikan nikmat kesegaran bagi tubuh, umeshu juga memiliki manfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

Pertama-tama, buah plum yang belum matang direndam dalam shochu, kemudian gula ditambahkan sedikit untuk menghasilkan cita rasa yang manis.

Awamori

Berasal dari Okinawa, Awamori memiliki rasa unik yang dibuat dari nasi yang telah difermentasikan dengan koji dan air. Selanjutnya, disuling di dalam pot tanah dan disimpan begitu saja untuk jangka waktu yang lama supaya menjaga kualitas minuman ini, serta beraroma bagus.

Atsukan

Bila sebelumnya ada sake yang dikonsumsi dengan dingin, minuman keras satu ini sangat pas untuk dikonsumsi dalam keadaan panas, terutama saat tengah musim dingin.

Atsukan dapat dinikmati dengan menuangkan sake ke cangkir keramik, lalu dituangkan ke dalam panci hangat, dan dipanaskan sekitar 5 menit dengan api kecil.

Yuzushu

Yuzuhu adalah minuman yang dibuat dari jeruk Yuzu. Minuman ini biasanya dikonsumsi saat musim dingin. Yuzushu salah satu minuman keras yang mengandung kadar alkohon rendah, yakni sebesar 5 persen.

Shin Janru

Sejenis dengan hir, Shin Janru merupakan minuman beralkohol dengan kadar yang rendah. Minuman ini dibuat dari gandum, kacang kedelai, dan jenis kacang lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini