Jabal Ikmah, Gunung Batu yang Menyimpan Banyak Harta Karun

Salman Mardira, Jurnalis · Selasa 09 November 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 408 2498686 jabal-ikmah-gunung-batu-yang-menyimpan-banyak-harta-karun-1jCF09OVKM.jpg Jabal Ikmah di kota kuno Dadan, Arab Saudi (Ameera Abid via Arab News)

JABAL Ikmah yang oleh penduduk AlUla disebut sebagai ‘perpustakaan terbuka’, merupakan salah satu dari banyak harta sejarah yang tersembunyi di antara formasi bebatuannya di Arab Saudi. Pegunungan terbuka itu terletak di kota kuno Dadan.

Setelah pendakian singkat, sebuah pembukaan menyambut pengunjung. Sepintas, itu mungkin tampak seperti jurang di antara pegunungan, tetapi setelah diamati lebih lanjut, orang dapat melihat bahwa permukaan batu dipenuhi dengan prasasti.

Baca juga:  Mengenal Istana Mardhyah, Tempat Rehat Raja Pertama Arab Saudi

Melansir dari Arab News, Selasa (9/11/2021), ada 450 prasasti dalam bahasa yang digunakan oleh penduduk setempat sebelum mengenal bahasa Arab, menjadikannya situs yang menarik bagi para arkeolog dan sejarawan yang mempelajari sejarah wilayah tersebut.

 

Prasasti-prasasti tersebut ditulis dalam bahasa-bahasa termasuk Aram, Dadanitic, Thamudic, Minaic dan Nabatean.

Beberapa tulisan diperkirakan berasal dari milenium pertama Sebelum Masehi. Banyak yang dianggap sebagai nama, sementara yang lain kemungkinan besar merupakan catatan tertulis tentang peristiwa dan keyakinan agama.

Baca juga: Tak Hanya Kakbah Lho, Berikut Sederet Wisata Religi di Kota Kelahiran Nabi Muhammad

Tanda-tanda bentuk awal bahasa Arab juga dapat ditemukan di pegunungan. Lokasi termasuk sebagai bagian resmi dari tur AlUla, membiarkan pengunjung merasakan warisan lokal yang kaya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini