518 Pelancong Sambangi Wisata Bromo sejak Sepekan Dibuka, Turis Asing Hanya 2 Orang

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 09 November 2021 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 09 406 2498912 518-pelancong-sambangi-wisata-bromo-sejak-sepekan-dibuka-turis-asing-hanya-2-orang-Yi5G2uZDM9.JPG Gerbang menuju kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Foto: MPI/Avirista Midaada)

KEMBALI dibukanya destinasi wisata Bromo membuat para wisatawan mulai berdatangan. Pembukaan wisata ini seiring dengan penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ke level dua sejak 2 November 2021 lalu.

Pembukaan objek wisata ini juga diperkuat dengan keluarnya surat keputusan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang nomor 556/810/35.07.108/2021 tentang pembukaan tempat wisata di Kabupaten Malang

Plt Kepala Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Novita Kusuma Wardhani mengatakan, pintu masuk TNBTS dari Coban Trisula, Kabupaten Malang sudah dibuka sejak 4 November 2021.

"Kawasan TNBTS di Kabupaten Malang pada lokasi Savana Teletubbies telah dibuka dengan kuota 287 orang per hari, sejak pukul 06.00-18.00 WIB sejak 4 November 2021," ucap Novita saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Selasa (9/11/2021).

Baca juga: Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka, Begini Aturan untuk Pengunjung

Infografis Gunung Tertinggi di Indonesia

Novita menambahkan, bila setiap wisatawan yang hadir diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan ketat dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Wisatawan juga mendaftarkan diri dan pembayaran secara online di website resmi TNBTS www.bookingbromo.bromotenggersemeru.org.

Sementara itu, Kasubbag Bagian Data, Evaluasi Pelaporan, dan Humas BB-TNBTS Sarif Hidayat mengungkapkan sejak dibuka kembali pada 4 November 2021 lalu, sudah ada ratusan wisatawan yang masuk ke Wisata Bromo, termasuk di antaranya wisatawan asing.

"Yang masuk ada 518 pengunjung (sejak dibuka 4 November 2021), dua di antaranya wisatawan asing," kata Sarif.

Wisatawan yang memasuki kawasan wisata Bromo juga diwajibkan telah tervaksin dengan melampirkan bukti sertifikat dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Untuk aplikasi PeduliLindungi tetap kita crosscheck melalui aplikasi dan atau manual, sinyal di lokasi memang tidak sepenuhnya ter-cover di lokasi pintu masuk tetapi ada site dengan signal kuat, sehingga di site itulah kita optimalkan untuk cek terkait booking online dan aplikasi pendukung lainnya," terangnya.

Ia menegaskan, bila spot wisata yang dibuka di kawasan TNBTS hanya yang berada di Kabupaten Malang, di mana di Malang telah memasuki PPKM level 2.

Gunung Bromo

(Foto: Shutterstock)

Baca juga: Keren! Jembatan Kaca Sepanjang 120 Meter Dibangun di Wisata Bromo

Pihaknya menyiagakan petugas gabungan yang berjaga di kawasan wisata Bromo, untuk mengantisipasi wisatawan memasuki spot wisata lain di daerah yang belum boleh membuka tempat wisatanya, seperti di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang.

"Setidaknya 5-10 personel yang siaga monitoring di lokasi Savana berbatasan dengan laut pasir, kita tempatkan personil gabungan resort Coban Trisula dan resort Tengger, Laut Pasir, secara bergilir melakukan penjagaan dan patroli untuk monitoring persuasif pengunjung," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini