Museum Belanda Perlihatkan Koleksi Seni Tersembunyi

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 02:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 09 408 2498946 museum-belanda-perlihatkan-koleksi-seni-tersembunyi-A8ETMPcgWq.jpg Museum di Belanda (dok Reuters/Pirochka van De Wouw)

JAKARTA - Museum di Belanda akhirnya memperlihatkan koleksi seni mereka yang selama ini tersimpan di bawah tanah dan tak pernah dilihat publik.

Melansir India Express pada Selasa (9/11), Museum seni dan desain Belanda bernama Boijmans Van Beuningen ini memiliki bentuk gudang cermin atau disebut depot.

Museum seni Rotterdam itu telah meluncurkan 151.000 karya seni untuk publik di gedung baja dan kaca yang lapang, bertingkat, dan berlapis kaca.

Direktur Boijmans Sjarrel Ex mengatakan, museum seni biasanya hanya menampilkan beberapa koleksi saja, yang berarti 93 persen karya yang mengejutkan tidak pernah dipamerkan.

Museum di Belanda

Baca Juga:

Jabal Ikmah, Gunung Batu yang Menyimpan Banyak Harta Karun

5 Makanan Khas Korea Selatan yang Halal, Tampilan Menggugah Selera

Depot, yang menampilkan seni figuratif Belanda dari awal Abad Pertengahan hingga abad ke-21 dan memiliki salah satu koleksi gambar paling signifikan di dunia, menawarkan pengalaman yang sangat berbeda dari museum kurasi biasa.

"Karya seni yang ditampilkan tidak ada pengeditan sama sekali," jelasnya.

Pengunjung dapat menjelajahi gudang secara acak sesuai dengan keingintahuan mereka sendiri dan mengumpulkan informasi tentang karya pada aplikasi khusus atau dengan memindai kode QR.

Adapun, rencana jangka panjang untuk membuat depot umum mendapat dorongan ekstra pada tahun 2013 ketika banjir mengancam koleksi museum di penyimpanan bawah tanah. Diputuskan bahwa karya seni akan lebih aman dilihat dengan keamanan yang baik di atas tanah.

(nia)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini