Share

Fosil Dinosaurus Pertama di Greenland Ditemukan, Hidup 214 Juta Tahun Lalu

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 406 2499689 fosil-dinosaurus-pertama-di-greenland-ditemukan-hidup-214-juta-tahun-lalu-wzrc8ZCoBN.jpg Ilustrasi fosil (dok Freepik)

JAKARTA - Fosil dinosaurus berkaki dua, Issi saaneq, yang hidup sekitar 214 juta tahun lalu di Greenland, ditemukan ilmuwan.

Melansir Sky News pada Rabu (10/11), dinosaurus ini merupakan herbivora berukuran sedang, berleher panjang, dan pendahulu sauropoda, hewan darat terbesar yang pernah hidup.

Tim peneliti internasional dari Portugal, Denmark dan Jerman, termasuk Universitas Martin Luther Halle-Wittenberg (MLU) menjelaskan, nama dinosaurus tersebut mengacu pada bahasa Inuit Greenland dan berarti "tulang dingin".

Fosil dinosaurus ini akan dipindahkan ke Museum Sejarah Alam Denmark.

Baca Juga:

Intip Hotel Mewah Buat Staycation ala Sultan, Bisa Tidur di Bawah Gemerlap Bintang

Hari Raya Galungan, Intip Arti Sebenarnya Penjor Bagi Umat Hindu

Ilmuwan, dalam jurnal Diversity mengatakan, fosil dinosaurus berupa dua tengkorak yang masih utuh ditemukan pertama kali ketika penggalian pada tahun 1994 di East Greenland oleh ahli paleontologi dari Universitas Harvard.

Satu di antara spesimen awalnya dianggap dari Plateosaurus, dinosaurus berleher panjang yang hidup di Jerman, Prancis, dan Swiss selama Periode Trias.

โ€œSangat menarik menemukan kerabat dekat Plateosaurus yang terkenal, lebih dari seratus di antaranya telah ditemukan di sini di Jerman," kata Dr Oliver Wings dari MLU dikutip dari phys.org.

(nia)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini