Share

Sepakat Akan Buka Perjalanan Indonesia-Malaysia, PM Ismail: Dimulai KL-Jakarta dan KL-Bali

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 406 2499692 sepakat-akan-buka-perjalanan-indonesia-malaysia-pm-ismail-dimulai-kl-jakarta-dan-kl-bali-egLuOFNdmi.jpg Ilustrasi travelling (dok Freepik)

Perdana Menteri (PM) Malaysia Y.M Dato’ Sri Ismail Sabri Yaakob dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersepakat untuk membuka perjalanan Indonesia dan Malaysia. Hal ini keduanya sampaikan setelah pertemuan keduanya di Istana Kepresidenan Bogor.

Seperti diketahui hari ini PM Ismail berkunjung ke Indonesia dalam lawatan pertamanya ke luar negeri.

“Hari ini saye dan bapak presiden telah mencapai persetujuan supaye Malaysia dan Indonesia dapat melaksanakan satu koridor perjalanan antara kedua-dua negare melalui aturan travel corridor arrangement ataupun TVA atau Vaccinated Traveling,” katanya di Istana Bogor, Rabu (10/11/2021).

Jokowi

Baca Juga:

Orangtua Suku Kreung Izinkan Anak Gadisnya Bermesraan dengan Pemuda dalam Gubuk Cinta

Hari Pahlawan, Yuk Napak Tilas Sejarah di Museum Sepuluh Nopember Surabaya

Ismail menyebut bahwa pembukaan perjalanan kedua negara akan dibahas lebih detail oleh menteri-menteri terkait. Dia mengatakan bahwa pembukaan perjalanan pertama yang dibuka adalah Kuala Lumpur (KL)- Jakarta dan KL-Bali.

“Saya telah bersetuju dengan bapak presiden, menteri-menteri yang berkaitan akan melihat secara dengan lebih detail supaya kita boleh memulakan membuka sempadan negara, kita boleh buka border kita. Dan mungkin perangkat awal ini kita mulakan dengan Kuala Lumpur-Jakarta-Kuala Lumpur, Kuala Lumpur-Bali-Kuala Lumpur,” paparnya.

Dia mengatakan jika detail mengenai mekanisme perjalanan kedua negara telah diselesaikan akan dilakukan pernyataan pers bersama antara kedua negara.

”Jadi insyallah jika dipercepatkan urusan untuk detailnya, kita bersetuju tadi supaya joint statement akan kita buat untuk kita mengumumkan pembukaan border antara Malaysia dengan Indonesia,” ungkapnya.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pembukaan perjalanan kedua negara akan mendukung upaya pemulihan ekonomi.

“Dan guna mendukung upaya pemulihan ekonomi, tadi kita juga sudah sepakat untuk dibuat travel corridor arrangement yang secara bertahap nanti akan kita membukanya satu per satu,” ujar Jokowi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini