Share

Shukatsu Festa, Festival Mempersiapkan Kedatangan Malaikat Maut di Jepang

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 406 2499823 shukatsu-festa-festival-mempersiapkan-kedatangan-malaikat-maut-di-jepang-B77gDb0ZD1.jpg Shukatsu Festa, festival mempersiapkan kematian di Jepang (Foto AFP/Getty Images via Daily Mail)

SHUKATSU Festa merupakan festival budaya di Jepang untuk mempersiapkan kematian dengan berbaring di peti mati, lengkap dengan riasan dan pakaian pemakaman. Sebelum nyawa dijemput malaikat maut, pengurusan jasad sudah diatur.

Sekilas terdengar menyeramkan, tapi Shukatsu Festa justru populer dan digelar begitu meriah di Negeri Sakura, bahkan menjadi sebuah tren. Mereka tidak lagi berpikir bahwa mempersiapkan kematian adalah nasib yang buruk.

Baca juga:  Mengenal Tradisi Gokon, Cari Jodoh dengan Kencan Buta ala Jepang

Shukatsu Festa sendiri menawarkan pendekatan yang dipersonalisasi untuk mempersiapkan pemakaman seseorang.

Pengunjung yang mengikuti festival ini dapat memilih pakaian pemakaman mereka lalu mengenakannya, dan berbaring di dalam peti mati yang penuh dengan bunga, juga berfoto.

 

Dengan begitu, mereka tahu persis seperti apa penampilannya di hari pemakaman nanti. Bahkan juga dapat memakai riasan wajah dengan tampilan pucat layaknya orang yang sudah mati.

Tak hanya itu, pengunjung festival bisa memilih untuk ditutupi dengan selimut putih yang akan ditutup oleh petugas. Seolah benar-benar mengalami kematian.

Baca juga:  10 Minuman Alkohol Asli Jepang Selain Sake, Dibuat dari Bahan Alami

Festival persiapan kematian ini telah memikat lebih dari 5.000 pengunjung tiap tahunnya. Dan menjadi sangat populer d ikalangan wanita dan pria.

Namun, tak hanya festivalnya saja, tren mendesain pemakamannya pun menjadi benar-benar populer di Jepang. Di mana sebanyak 50 perusahaan turut memeriahkan festival ini dengan menawarkan jasa dan produk peti mati.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini