Sering Diserbu Turis, Ini 5 Makam Ikonik Pusat Perayaan Hari Orang Mati

Ahmad Haidir, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 408 2499838 sering-diserbu-turis-ini-5-makam-ikonik-pusat-perayaan-hari-orang-mati-KZ5kT0uzPP.jpg Day of The Dead di Meksiko (Freepik)

MASYARAKAT Meksiko tiap tahun merayakan Day of The Dead atau Hari Orang Mati pada 1 dan 2 November. Mereka meyakini bahwa arwah keluarga mereka yang telah meninggal dunia hadir kembali ke bumi.

Festival unik mirip Halloween tersebut menjadi ajang menarik banyak wisatawan datang ke Negeri Sombrero. Jalanan dan pemakaman yang jadi lokasi perayaan Day of The Dead akan dipenuhi orang.

Day of The Dead telah diakui oleh UNESCO sejak 2003 sebagai warisan budaya tak benda dunia.

Baca juga: 4 Gereja Indah di Meksiko, Arsitekturnya Unik dan Bersejarah

Tradisi Day of The Dead dirayakan penuh cahaya dan warna. Hal itu memiliki esensi yang unik yakni kehidupan yang dilandasi suka cita dan energi.

Terdapat beberapa pemakaman terkenal di Meksiko yang paling kerap dikunjungi dan menjadi spot bagi turis untuk merasakan suasana Day of The Dead seutuhnya. Berikut daftarnya :

1. Patzcuaro, Michoacán

Ini adalah salah satu tujuan yang paling banyak dikunjungi selama Hari Orang Mati. Kuburannya penuh dengan altar, dan makam-makamnya ditutupi dengan marigold Meksiko yang ikonik.

Setelah mengunjungi pemakaman, orang-orang biasanya pergi ke danau di mana beberapa perahu melakukan perjalanan dari Pátzcuaro ke pulau Janitzio untuk menghormati leluhur mereka dalam apa yang mereka sebut "tarian para nelayan".

Sebagai wisatawan, anda akan disajikan pemandangan danau yang menakjubkan dimana perairan benar-benar tertutup cahaya lilin yang tak terhitung jumlahnya yang menerangi jalan menuju perahu. Di pulau ini juga setiap tahun diadakan perayaan publik dengan tarian tradisional, musik, dan makanan.

2. Panteón San Andres Mixquic dan Panteón de Dolores, Kota Meksiko

Dua pemakaman yang paling banyak sekaligus layak dikunjungi selanjutnya terletak di ibu kota Negeri Sombrero itu yakni Panteón San Andres Mixquic dan Panteón de Dolores, Kota Meksiko.

Terletak di selatan kota, kuburan San Andres Mixquic -yang juga dulunya adalah biara- telah menjadi tujuan yang harus dikunjungi baik oleh penduduk lokal maupun wisatawan.

Baca juga: 6 Kebun Binatang dan Akuarium Terbaik di Meksiko Bikin Turis Terpesona

Altar-altar yang mengesankan dengan beberapa lapisan ditempatkan di sepanjang makam sejak tanggal 31 Oktober.

Lalu pada puncak perayaan Day of The Dead yakni 2 November, makam itu benar-benar menjadi hidup; lilin-lilin besar mengiringi bunga-bunga berwarna-warni, dan ribuan orang membawa lilin mereka sendiri untuk berjalan di sekitar makam di tempat yang disebut "la Alumbrada" (penerangan).

Adapun terdapat makna filosofis di balik acara tersebut yakni bahwa yang hidup akan menerangi jalan bagi orang mati, sehingga mereka dapat kembali untuk bermalam dan menikmati semua yang telah disiapkan untuk mereka.

3. Pemakaman di Kota Aguascalientes

Kota ini adalah salah satu yang paling meriah di negara ini. Di sini, orang-orang merayakan Festival Kerangka (Festival de las Calaveras) untuk menghormati José Guadalupe Posada, seniman yang menciptakan Catrina yakni tengkorak yang mengenakan gaun elegan dan topi eksotis yang menggambarkan sebagian besar perayaan Hari Orang Mati.

Artis tersebut lahir di Aguascalientes, membuat setiap pemakaman di Kota yang terletak di jantung Negara Meksiko itu akan dipenuhi oleh orang-orang berpakaian seperti Catrinas untuk menikmati tarian dan musik, drama, acara gastronomi, dan parade besar.

4. Panteón de Belén, Kota Guadalajara

Panteón de Belén tidak hanya ramai dikunjungi saat festival Day of The Dead saja, namun makam tersebut telah menjadi salah satu kuburan terindah di Meksiko yang terletak di Kota Guadalajara.

ilustrasi

Namun makam itu saat ini dianggap sebagai museum, karena hanya aktif dari tahun 1848 hingga 1896. Selama Hari Orang Mati, pengunjung datang khusus untuk tur malam museum dan makam dihiasi dengan rangkaian bunga, lilin, dan elemen yang menambah suasana mistis sekaligus gemerlapnya malam.

5. Panteón de La Soledad, Kota Toluca

Hanya satu jam berkendara dari Mexico City, kota Toluca baru-baru ini mendapatkan popularitas untuk wisata malamnya berkat pemakaman Panteón de La Soledad.

Pemakaman tersebut menjadi tuan rumah drama yang menceritakan kisah berbeda setiap malam dalam perayaan Day of The Dead. Para pemeran akan muncul dari balik makam dan berdandan dalam gaun klasik ala abad ke-20.

Selain itu, pada tanggal 1 November orang-orang mengunjungi kuburan sambil memegang lilin dan mendekorasi kuburan orang yang mereka cintai, sehingga pada tanggal 2 November mereka dapat berpartisipasi dalam kontes khusus yang menyoroti dekorasi makam terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini