Share

Jaringan 5G Bisa Ganggu Sistem Keselamatan Penerbangan, Apa Solusinya?

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 406 2500191 jaringan-5g-bisa-ganggu-sistem-keselamatan-penerbangan-apa-solusinya-O4wNsSConZ.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

KETIKA melakukan penerbangan Anda harus menonaktifkan ponselnya atau menggalihkan ke mode pesawat atau airplane mode, agar sinyal ponsel tidak mengganggu sistem navigasi pesawat.

Badan Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) memperingatkan produsen, operator, dan pilot tentang potensi bahaya telekomunikasi 5G.

Baca juga:  Yuk Intip Isi Koper Pramugari, Apa Saja yang Dibawa saat Penerbangan

Dalam buletin informasi, FAA menjelaskan "Belum ada laporan yang terbukti tentang gangguan berbahaya akibat operasi broadband nirkabel secara internasional."

Tetapi, pejabat mungkin perlu mengambil tindakan untuk mengatasi potensi gangguan pada elektronik pesawat karena meningkatnya 5G.

 

"Operator harus siap untuk kemungkinan bahwa gangguan dari pemancar 5G dan teknologi lainnya dapat menyebabkan peralatan keselamatan tertentu tidak berfungsi. Ini mengharuskan mereka untuk mengambil tindakan mitigasi yang dapat memengaruhi operasi penerbangan," kata FAA seperti dilansir dari Travel and Leisure, Kamis (11/11/2021).

 Baca juga: 5 Larangan bagi Pramugari Selama Penerbangan, Apa Saja?

Badan tersebut menambahkan, ada juga potensi penurunan kemampuan sistem keselamatan dan peralatan lain yang bergantung pada altimeter radio, terutama selama penerbangan ketinggian rendah.

FAA mencatat dalam rilisnya bahwa pilot terus meminta penumpang untuk mematikan perangkat elektronik portabel yang dilengkapi dengan 5G, atau mengalihkannya ke mode pesawat selama penerbangan.

FAA juga mendorong produsen untuk melanjutkan pengujian interferensi 5G dan harus menentukan perubahan desain apa yang perlu diperbaiki.

Menanggapi berita tersebut, grup perdagangan nirkabel CTIA mengatakan kepada wartawan bahwa jaringan 5G dapat dengan aman menggunakan spektrum C-band tanpa menyebabkan gangguan berbahaya pada peralatan penerbangan.

 Ilustrasi

Perusahaan itu juga mencatat bahwa sudah ada banyak jaringan 5G aktif yang menggunakan pita spektrum ini di 40 negara.

Meskipun dikatakan aman, tetap saja pilihan terbaik adalah mengindahkan panggilan dan memasukkan ponsel Anda ke mode pesawat saat diminta pilot.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini