Share

Misteri Mata Air yang Telan 3 Nyawa Penyelam, Ada Rumah Ular Raksasa di Bawahnya?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 406 2500459 misteri-mata-air-yang-telan-3-nyawa-penyelam-ada-rumah-ular-raksasa-di-bawahnya-c20gDvFqQs.jpg Mata air Fosse Dionne di Burgundy, Prancis (Wikimedia Commons/Oddity Central)

SELAMA berabad-abad lamanya, misteri mengenai sumber mata air bawah tanah yang dikenal sebagai Fosse Dionne di wilayah Burgundy, Prancis, masih belum terpecahkan. Belum ada satupun yang pernah sampai ke dasar mata air ini, karena tidak dapat mencapainya.

Baca juga:ย Wisata Mata Air Cimincul, Sensasi Berenang di Pegunungan Serasa di Laut

Sebagaimana diketahui, Fosse Dionne adalah kumpulan besar air di sekitar kota Tonnerre yang sengaja dibangun. Jika dilihat, sumber mata air ini telah memuntahkan air dalam jumlah besar, dengan debit air sekitar 311 liter per detik yang mengalir secara teratur.

Namun, ketika memasuki musim hujan, Fosse Dionne dapat memuntahkan 3.000 liter air per detik. Bangsa Romawi menggunakan sumber mata air ini untuk minum, sementara bangsa Celtic menganggap mata air ini adalah suci. Selain itu Prancis juga pernah menggunakan tempat ini sebagai pemandian umum pada 1700-an.

Merangkum dari Oddity Central, Kamis (11/11/2021), meski memiliki banyak sejarah, tapi tidak ada orang yang pernah dapat menemukan sumber mata air ini. Banyak yang telah mencoba untuk mengetahuinya, namun beberapa orang telah mati saat mencobanya. Sehingga Fosse Dionne tetap menjadi misteri.

Baca juga:ย Fakta Unik Kota Bugil Cap d'Adge, Turis Bebas Telanjang di Jalanan hingga Pantai

Sekira abad ke-18 orang-orang yang memandang ke dalam kolam Fosse Dionne yang tampak tak berdasar. Mereka mulai bertanya-tanya ke mana arah sumber mata air tersebut. Beberapa mengklaim bahwa Fosse Dionne adalah portal ke dunia lain. Sementara yang lain yakin bahwa bagian bawahnya adalah rumah ular raksasa.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Pada 1974, dua penyelam profesional turun ke lorong sempit bebatuan kapur Fosse Dionne untuk menemukan sumber mata air. Mereka menemukan ujungnya, tapi tidak mampu menavigasi jurang yang meruncing dengan benar dan membuatnya meninggal.

Kemudian pada 1996, kota Tonnerre menyewa penyelam lain untuk mencapai dasar, tetapi malah meninggal.

Ilustrasi

Sampai hari ini, tidak ada yang bisa mencapai sumber mata air Fosse Dionne. Tahun lalu, walikota Tonnerre menyewa penyelam profesional Pierre-ร‰ric Deseigne untuk akhirnya memecahkan misteri tersebut.

Dia turun lebih dari 70 meter di bawah tanah, dan menjelajah lebih dari 370 meter dari pintu masuk rongga, namun tetap tidak dapat mencapai sumbernya.

Tidak dapat disangkal bahwa mata air karst ini muncul dari jaringan gua kapur bawah tanah. Tetapi dalam kasus ini tidak ada yang dapat menemukan sumbernya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini