Pernah Menginspirasi Banyak Orang, Lumba-Lumba Bintang Film 'Dolphin Tale' Akhirnya Mati

Denisa Aisyah, Jurnalis · Minggu 14 November 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 14 406 2501590 pernah-menginspirasi-banyak-orang-lumba-lumba-bintang-film-dolphin-tale-akhirnya-mati-U0V8kZqm7t.jpg Winter si lumba-lumba pemain film 'Dolphin Tale' (Foto AP via ABC News)

LUMBA-lumba bernama Winter yang bermain dalam film ‘Dolphin Tale’ dilaporkan mati. Menurut hasil nekropsi yang dirilis oleh Clearwater Marine Aquarium, lumba-lumba terkenal asal Florida, Amerika Serikat itu mati akibat usus bengkok.

Usus lumba-lumba berada di area yang tidak mungkin dijangkau melalui operasi.

"Tidak ada lagi yang bisa dilakukan tim untuk menyelamatkan hidupnya," begitu pernyataan dari Clearwater Marine Aquarium seperti dilaporkan kantor berita Associated Press.

Baca juga: Iseng Cari Lumba-Lumba, Wanita Ini Malah Ketemu Hiu

Menurutnya kondisi tersebut biasa terjadi pada lumba-lumba liar yang terdampar serta semua makhluk hidup yang memiliki usus.

Melansir dari ABC News, Minggu (14/11/2021), Winter sang lumba-lumba berekor palsu mati pada Kamis lalu.

Winter merupakan lumba-lumba yang kisahnya difilmkan setelah ekornya diamputasi karena terjerat tali perangkap kepiting, sehingga memutus sirkulasi. Tetapi ekor palsu dan pemulihan ajaib lumba-lumba memberikan harapan bagi banyak orang dengan penyakit dan cacat.

Berkat kisah mengharukan Winter, Dolphin Tale dianggap sebagai film keluarga yang manis dan tidak berlebihan mengeksplorasi kesedihan.

Baca juga: Tradisi Aneh, Ribuan Lumba-Lumba Dibantai dalam Sehari Gemparkan Dunia

“Karena cedera Winter dan distorsi yang terjadi di tubuhnya, dia lebih rentan menghadapi komplikasi kesehatan sejak penyelamatannya 16 tahun lalu,” kata pihak akuarium dalam sebuah pernyataan.

Staf mengatakan mereka bekerja sepanjang waktu dalam beberapa hari terakhir untuk mencoba menyelamatkan Winter yang berusia 16 tahun dan mengurangi rasa sakitnya.

Kolam tempatnya tinggal akhirnya ditutup pada Jumat, sebagian untuk berduka atas hilangnya penghuninya yang paling terkenal, tetapi dibuka kembali pada Sabtu.

Tak lama setelah lumba-lumba tiba setelah penyelamatannya tahun 2005, akuarium bermitra dengan Hanger Clinic, penyedia kaki palsu terbesar di negara itu, untuk membuat ekornya.

Sementara Winter mungkin bertahan tanpa menggunakan sirip sampingnya untuk berenang, namun itu akan menyebabkan ketidaksejajaran tulang dan masalah kesehatan lainnya.

Memasang ekor palsu dapat membuat kulit Winter bermasalah karena kulitnya sangat tipis sehingga akhirnya dibuatkan selongsong seperti silikon lembut dan sekarang dipasarkan sebagai WintersGel.

Ilustrasi

Fans termasuk anak-anak dan tentara dengan anggota badan yang hilang berziarah untuk mengunjungi Winter, bintang film 2011 "Dolphin Tale," yang mencatat pemulihannya.

Lengan yang digunakan oleh Winter telah menginspirasi pembuat lengan palsu, hingga sekarang digunakan untuk prostetik manusia. Lumba-lumba ini menjadi inspirasi bagi banyak orang. Kisah lumba-lumba ini menunjukkan perjuangannya menghadapi tantangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini