Share

Bukan Memasak, Ternyata Ini Tugas Koki di Pesawat

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Senin 15 November 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 14 406 2501660 bukan-memasak-ternyata-ini-tugas-koki-di-pesawat-49wT75U4jI.jpg Ilustrasi koki (Freepik)

LAYANAN makanan dalam penerbangan jarak jauh adalah standar di sebagian besar maskapai internasional. Namun, makanan pesawat tidak selalu memuaskan penumpang, sebab rasa hidangannya yang biasa-biasa saja atau kurang segar.

 Baca juga: Yuk Intip Isi Koper Pramugari, Apa Saja yang Dibawa saat Penerbangan

Oleh karena itu, beberapa maskapai berinisiatif mempekerjakan koki di dalam pesawat untuk meningkatkan pengalaman bersantap bagi penumpang kelas premium.

Melansir Insider, Minggu (14/11/2021), hanya lima maskapai penerbangan di seluruh dunia yang menawarkan layanan ini, termasuk Turkish Airlines, Saudia, Garuda Indonesia, Gulf Air, dan Austrian Airlines.

 

Ketika seseorang mendengar "koki di pesawat", mereka mungkin membayangkan para karyawan memasak setiap hidangan di atas api terbuka pada ketinggian 35.000 kaki. Jelas itu itu bukanlah itu faktanya.

 Baca juga: 5 Larangan bagi Pramugari Selama Penerbangan, Apa Saja?

Koki pesawat disebut dengan chef on board. Mereka bertanggung jawab untuk penyajian, hiasan, dan modifikasi kecil pada menit terakhir untuk rasa, seperti menambahkan saus atau bumbu.

Mereka tidak memasak dari awal di dapur. Tugas mereka yaitu memanaskan kembali masakan yang sudah dibuat sebelumnya di daratan.

Namun, ada beberapa makanan, seperti telur dan steak, yang dibuat dalam oven kecil yang tersembunyi di dapur. Wisatawan juga dapat membuat permintaan khusus kepada chef.

Misalnya, jika penumpang memesan makanan tetapi tidak menyukai satu bahan atau memiliki pantangan makanan, koki dapat menukarnya dengan bahan lain dari hidangan yang berbeda.

 Ilustrasi

Setelah makanan siap, pramugari dan koki menyajikan hidangan kepada penumpang. Mereka biasanya mengenakan seragam pramugari sebelum berganti ke seragam koki untuk menyiapkan hidangan.

Kehadiran chef on board memang menambah kepuasan penumpang karena menawarkan makanan yang dapat disesuaikan dan meningkatkan citra rasa hidangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini