Mengenal Pangkat Pilot dari Jumlah Garis di Seragam

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Selasa 16 November 2021 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 406 2501949 mengenal-pangkat-pilot-dari-jumlah-garis-di-seragam-U1CyXYQlXd.jpg Ilustrasi pilot (dok Freepik)

PROFESI pilot memiliki beragam pangkat saat berkarier, dari captain, first officer hingga flight engineer. Pangkat pilot ini bisa kita ketahui dari jumlah garis di seragamnya.

Melansir laman Aero Guard, garis di seragam pilot ini biasa disebut epaulettes.

Berikut beberapa pangkat pilot dirangkum Okezone:

Pilot

Baca Juga:

Wisata Swiss, Ini 5 Restoran Halal di Zurich

3 Lokasi Diving Terbaik di Laut Merah, Bisa Lihat Bangkai Kapal Kuno

Captain

Captain atau disebut sebagai Pilot in Command merupakan pemimpin tertinggi di pesawat dan bertanggungjawab atas keselamatan dan keamanan penerbangan.

Lambang pangkat untuk captain pilot yakni garis berwarna keemasan atau putih. Di beberapa maskapai tertentu, mereka juga menggunakan tanda bintang atau tanda berlian.

First Officer

First Officer (FO) mempunyai tiga buah garis yang berwarna sama dengan captain. Sementara junior first officer mempunyai dua tanda pangkat.

Di tingkatan ini, senior dan junior first officer dibedakan berdasarkan dari pengalaman dan jumlah jam terbang yang dimiliki.

Flight Engineer

Posisi ini mempunyai tiga buah garis pangkat yang biasanya agak sedikit berbeda. Beberapa maskapai menambahkan garis bayangan berwarna ungu di antara garis pangkat pada seragam Flight Engineer (FE).

Flight Engineer duduk di belakang Captain dan First Officer, menghadap pada tombol-tombol penting yang mengatur system pada pesawat.

Posisi ini bertugas memonitor dan mengoperasikan serta bertanggung jawab atas bekerjanya sistem pesawat.

Namun, seiring perkembangan zaman, tidak semua pesawat menggunakan FE karena digantikan perannya oleh sistem komputer dalam ruang kemudi. (nia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini