Share

4 Misteri Tersimpan di Hutan Amazon, Konon Sangat Berbahaya

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 16 November 2021 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 406 2502392 4-misteri-tersimpan-di-hutan-amazon-konon-sangat-berbahaya-J9bgi0emBv.jpg Ilustrasi hutan (dok Freepik)

HUTAN Amazon menjadi salah satu hutan terbesar yang terletak di Amerika Serikat.

Lokasi Amazon ini memasuki sembilan negara yaitu Brasil (dengan 60 persen hutan), Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis.

Selain itu, Amazon juga dikenal sebagai hutan yang cukup berbahaya karena masih di dalamnya masih banyak satwa-satwa liar yang buas. Misalnya anaconda, di mana ular raksasa ini juga sempat dijadikan film.

Amazon juga dijuluki paru-paru dunia karena hutan tropis terluas di dunia ini menghasilkan 30% oksigen dari total yang ada di bumi.

Baca Juga:

Mengenal Pangkat Pilot dari Jumlah Garis di Seragam

15 Destinasi Wisata di Kota Bandung yang Ciamik, Banyak Spot Foto

Ada beraneka ragam flora fauna hidup di hutan seluas 5,5 juta kilometer persegi tersebut.

Tak hanya sampai di situ saja, hutan Amazon juga menyimpan banyak misteri. 

Berikut beberapa misteri hutan Amazon dirangkum Okezone:

1. Sarang Laba-laba

Hutan Amazon dihuni oleh laba-laba raksasa dengan bentang kaki 1,8 meter. Meski belum dikonfirmasi keberadaannya, seekor tarantula ditemukan di sana.

Laba-laba tersebut tidak hanya memangsa serangga, melainkan juga hewan besar lainnya termasuk mamalia.

2. Ular Raksasa

Hutan Amazon juga dikenal punya ular-ular raksasa seperti anaconda di dalamnya. Menurut pengakuan suku lama Amazon, terdapat ular yang panjang tubuhnya adalah 48,8 meter dengan lebar kepala 1,8 meter.

Akan tetapi sejauh ini ular terbesar yang pernah ditemukan di Amazon bernama Yakumama, sepanjang 35 meter. Ular itu tumbuh menjadi 39,9 meter pada 2009.

3. Salah Satu Kolonel Hilang

Percy Fawcett merupakan tentara yang lebih dikenal sebagai seorang petualang dikabarkan menghilang di hutan Amazon. Saat itu ia pergi ke Brasil untuk memetakan area hutan di perbatasan Brasil dan Bolivia.

Pada 1901, Percy bergabung dengan Royal Geographical Society untuk belajar metode survey dan pembuatan peta. Ia memiliki teori tentang kota Z yang tatanan masyarakatnya kompleks dan melampaui masanya.

Kemudian, Percy dan putranya membentuk sebuah tim untuk menemukan kota tersebut. Namun nahas, ia dan seluruh tim hilang tanpa jejak. Kurang lebih total 200 orang tidak pernah diketahui keberadaannya. 

4. Suku yang misterius

Survival International, sebuah organisasi yang peduli dengan suku-suku terpencil di dunia mencatat sekiranya terdapat satu juta orang yang menghuni Hutan Amazon pada tahun 2018. Mereka terbagi menjadi 400 suku di hutan tropis tersebut.

Namun untuk ciri-ciri secara detailnya, suku misterius yang tinggal di pedalaman hutan Amazon ini masih tanda tanya besar. Ada yang mengatakan, mereka berbadan tinggi, kulitnya putih, serta bewarna biru.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini