Share

Sering Terbang Berjam-jam, Ini 4 Cara Pilot Atasi Kebosanan

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 406 2502508 sering-terbang-berjam-jam-ini-4-cara-pilot-atasi-kebosanan-WzQ5ASC73u.jpg Ilustrasi pilot (dok Freepik)

Pekerjaan sebagai seorang pilot memang membutuhkan fisik dan mental yang kuat apalagi jika mendapatkan jadwal terbang yang padat dan lama.

Rute penerbangan yang panjang seringkali membuat pilot merasa bosan.

Lalu, apa yang dilakukan pilot untuk mengatasi kejenuhan selama berada dalam pesawat?

Seorang pilot, Randy Duncan mengungkapkan rahasianya mengatasi kebosanan melansir Quora. Berikut rahasianya:

1. Membaca buku

Menurut Duncan, hal paling umum dilakukan oleh pilot selama penerbangan jarak jauh adalah membaca buku, koran, majalah, maupun Kindles (semacam e-book). Namun, beberapa maskapai terkadang melarang pilot untuk melakukan kegiatan tersebut.

Pilot

Baca Juga:

6 Risiko Menjadi Pramugari, Nomor 4 Paling Menyakitkan

Mengenal Pangkat Pilot dari Jumlah Garis di Seragam

“Peraturan perusahaan kami melarang untuk membaca materi yang tidak relevan selama penerbangan. Ini mungkin peraturan yang paling sering dilanggar."

“Meskipun dilarang keras oleh peraturan perusahaan kami, saya mendorong kru untuk membaca, mengerjakan teka-teki silang agar otak mereka tetap bekerja. Bahkan jika salah satu dari kami sedang membaca, mereka jarang melewatkan panggilan radio. Kami membaca selama beberapa menit dan kemudian mengurus pekerjaan di kokpit selama beberapa menit. Itu membuat kita tetap waras," papar Duncan.

2. Tidur

Kelelahan juga dapat menjadi masalah ketika penerbangan jarak jauh. Pilot yang kelelahan dapat kehilangan fokusnya dan dapat menyebabkan penerbangan terganggu.

Meski ada yang melarang, beberapa negara mengizinkan pilot untuk tidur siang terkontrol untuk meningkatkan kewaspadaan selama pendaratan. Oleh karena itu, biasanya pilot dan kopilot bergantian untuk tidur sementara yang lain tetap terjaga.

“Sekali lagi, meskipun dilarang keras tetapi saya mendorong anggota kru yang benar-benar lelah untuk tidur selama 15 menit sebelum kami mendarat. Saya pernah memiliki masalah ketika penerbangan, mata saya merah ketika kami hampir mendarat sekitar fajar. Saya hampir tidak bisa membuka mata. Jika saya menutupnya selama 15 menit sebelum turun maka saya bangun dan bersiap untuk pendaratan,” kata Duncan

Follow Berita Okezone di Google News

3. Makan

Berada dalam penerbangan jarak jauh membuat badan harus terasupi dengan makanan bergizi, termasuk pilot.

Makanan pilot jauh berbeda dari apa yang dapat dimakan penumpang. Kedua pilot tidak dapat makan pada waktu yang sama dan mereka juga tidak dapat makan yang sama. Berbagi juga tidak diperbolehkan, oleh karena itu pilot wajib untuk menghabiskan makanannya.

4. Mengobrol hingga menjahit

Meski lampu kenakan tanda sabuk pengaman sudah dipadamkan, pilot tetap harus waspada dengan tetap menyalakan lampu dek pesawat. Agar tidak mengantuk, pilot seringkali mengobrol dengan kopilot atau kru pesawat yang lain.

“Beberapa pilot merajut atau merenda. Ada juga seorang pria yang menulis lagu country/western. Beberapa pilot memiliki bisnis atau pekerjaan sampingan sehingga mereka akan melakukan beberapa pekerjaan saat berada di pesawat," tegas Duncan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini