Share

4 Rahasia Pilot dengan Pramugari yang Tak Diketahui Penumpang, Apa Saja?

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 406 2503406 4-rahasia-pilot-dengan-pramugari-yang-tak-diketahui-penumpang-apa-saja-ZjErt0HKwS.jpg Rahasia pilot dengan pramugari (Freepik)

TERDAPAT 4 rahasia pilot dengan pramugari jarang yang disadari penumpang pesawat. Mulai dari tempat istirahat, hingga gestur tertentu, deretan rahasia ini hanya diketahui oleh sesama staf penerbangan.

Pesawat merupakan moda transportasi yang nyaman untuk traveling ke seluruh dunia. Selain dapat menghemat waktu, pesawat juga menyediakan layanan terbaik untuk para penumpangnya.

 Baca juga: 5 Rahasia Pramugari yang Jarang Diketahui, Kode saat Kentut hingga Menyukai Penumpang di Pesawat

Di balik layanan tersebut, terdapat 4 rahasia pilot dengan pramugari yang tidak dikatakan kepada penumpang.

1. Tempat istirahat dalam pesawat

Apakah pilot boleh tidur selama penerbangan? Jawabannya adalah iya. Sebab, beberapa jenis pesawat dilengkapi dengan tempat istirahat untuk pilot dan pramugari. Tempat ini dinamakan crew compartment.

 Ilustrasi

Seperti pesawat Boeing 777 dan Boeing 787, mereka mempunyai tangga rahasia yang mengarah ke tempat tersebut.

Biasanya tempat ini berada jauh di bagian belakang kokpit pesawat dan berada di kabin kelas 1, sehingga penumpang jarang mengetahui hal ini.

2. Pesawat sudah tua

Tidak banyak penumpang yang menyadari berapa usia pesawat ketika terbang. Tetapi Anda mungkin pernah menemukan tempat duduk yang sedikit robek atau bagian dalam pesawat yang terlihat usang.

Baca juga: 6 Risiko Menjadi Pramugari, Nomor 4 Paling Menyakitkan

Berdasarkan data, usia rata-rata maskapai penerbangan di Amerika Serikat yaitu sekitar 14 tahun. Sementara di Indonesia peswat komersial yang masih terbang hingga kini berusia sekitar 24 sampai dengan 25 tahun.

3. Pilot juga merasa lelah

Bukan cuma penumpang lho yang merasa kelelahan selama penerbangan panjang. Pilot juga merasakan hal yang sama sebab mereka adalah manusia biasa. Terlebih saat mereka menerbangkan pesawat dengan durasi lebih dari 10 jam.

Tetapi pilot bertanggung jawab dengan keselamatan penumpang, sehingga mereka tidak dapat tidur kapan pun yang mereka mau. Pilot harus bekerjasama dengan kopilot terlebih dahulu untuk mengatur jadwal tidur mereka.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Meletakkan tangan ke belakang

Bagi anda yang suka traveling dengan pesawat, tentu pernah melihat pramugari meletakkan tangannya ke belakang punggung. Biasanya Anda melihat ini saat naik dan turun dari pesawat.

Arti gestur ini bukan berarti pramugari menolak berjabat tangan dengan penumpang.

 Ilustrasi

Saat pramugari meletakkan tangannya ke sisi belakang, mereka sebenarnya sedang memegang counter atau alat penghitung. Alat itu digunakan untuk menghitung penumpang pesawat ketika naik dan turun.

Cara ini memang dilakukan secara rahasia agar tak menarik perhatian penumpang. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini