Geger Kekayaan Tambang Nabi Sulaiman Ditemukan, Isinya Sungguh Mencengangkan

Susi Susanti, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 22:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 406 2503956 geger-kekayaan-tambang-nabi-sulaiman-ditemukan-isinya-sungguh-mencengangkan-zpucW6lanh.jpg Film dokumenter 'King Solomon's Mines (IMDb)

TIM arkeologi menemukan kekayaan peninggalan Nabi Sulaiman atau Raja Solomon berupa tambang tembaga di Lembah Timna, sebelah selatan Qumran, Israel. Warisan bersejarah diperkirakan berusia 3.000 tahun ditemukan setelah area gurun tersebut digali sejak 1964.

The Express melaporkan bahwa sejak pertengahan 1960-an, para peneliti telah bekerja di sana dan telah menemukan jaringan ranjau yang diyakini dikerjakan oleh para budak di bawah kendali Raja Solomon.

Baca juga:  Wow! Pesawat Boeing 707 Bekas Israel Disulap Warga Palestina Jadi Restoran

Kisah tersebut pernah diangkat dalam film dokumenter Smithsonian Channel, 'Secrets: King Solomon's Mines’.

 

Dalam film Dokumenter Smithsonian Channel disebutkan para arkeolog “mungkin telah menemukan” sumber kekayaan legendaris Raja Salomo.

Profesor Erez Ben-Yosef dari Universitas Tel Aviv memperkirakan bahwa 3.000 tahun yang lalu, selama pemerintahan Salomo, produksi di situs tersebut berkembang pesat.

Baca juga:  Kompleks Pembuatan Arak Anggur Berusia 1.500 Tahun Ditemukan, Terbesar di Eranya

Jauh dari perkiraan sebelumnya bahwa tambang itu berisi emas atau perak. Ternyata di dalamnya adalah tembaga, kekayaan yang sangat menguntungkan pada zaman dulu.

Ben-Yosef menunjukkan indikasi di sekitar lokasi ada produksi tembaga massal pada zaman dulu. “Semua bahan hitam adalah terak, limbah dari tungku. Ini adalah bukti yang sangat penting untuk produksi tembaga kuno di Timna,” lanjutnya.

Prof Ben-Yosef melanjutkan dengan mengatakan tembaga, pada waktu tertentu dalam sejarah, adalah sumber daya ekonomi yang paling penting. "Ini adalah industri yang paling menguntungkan,” ungkapnya.

 Ilustrasi

Menurut Dr Mohammad Najjar, dari Friends of Archaeology of Jordan, tembaga 3.000 tahun yang lalu adalah seperti minyak mentah pada saat ini, komoditas yang tak tergantikan dan berharga.

"Karena Anda tidak dapat melakukannya tanpa minyak, dan pada saat itu Anda tidak dapat melakukannya tanpa tembaga,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Nabi Sulaiman dikenal sebagai utusan Allah yang diberi kekayaan melimpah. Salah satu mukjizatnya adalah bisa berbicara dengan hewan-hewan. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini