Jelajahi Candi Songgoriti, Bangunan Peninggalan Mataram Kuno yang Alami Banyak Perubahan

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 408 2503627 jelajahi-candi-songgoriti-bangunan-peninggalan-mataram-kuno-yang-alami-banyak-perubahan-7HVMK9IxOt.jpg Candi Songgoriti di Kota Batu (dok MPI/Avrista Midada)

Candi Songgiriti di Kota Batu merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini merupakan salah satu candi yang tertua di Jawa Timur, dibangun abad 9 Masehi.

Pamong Ahli Budaya Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Andi Muhammad Said menuturkan, Candi Songgoriti merupakan salah satu peninggalan di era Kerajaan Mataram Kuno sebelum dinasti Mpu Sindok.

“Kalau disebut tertua mungkin belum, tetapi dibanding lain - lain ini termasuk tua, (dirikan) abad 9 Masehi, sebelum Mpu Sindok, (peninggalan Kerajaan) Mataram Kuno,” ucap Andi Muhammad Said, saat ditemui MNC Portal Indonesia, pada Rabu siang (17/11/2021).

Dijelaskan mantan Kepala BPCB Jawa Timur ini, candi yang berada di Kelurahan Songgokerto, Kota Batu. Jika dibandingkan dengan Candi Badut, usia Candi Songgoriti ini masih lebih muda. Tetapi berdasarkan bukti-bukti yang ada, Candi Songgoriti tergolong cukup tua dibandingkan dengan Situs Pendem yang juga dilakukan ekskavasi pada Februari 2020 lalu.

Baca Juga:

5 Pantai Pink di Indonesia, Keindahannya Memukau

10 Kota Terkotor di Dunia, Nomor 5 Warganya Sering Buang Air di Jalan

Dia menyayangkan salah satu candi tertua di Jawa Timur ini berubah konstruksi dari aslinya setelah adanya pemugaran di zaman Belanda tahun 1921. Maka dari sanalah pihak BPCB melakukan ekskavasi atau penggalian kedua kalinya setelah ekskavasi pertama di tahun 2014 lalu dilakukan untuk mengetahui bentuk asli candi dan ruang.

“Kita mau melihat lingkungannya seperti apa, kan candi ini berada di atas batur. Nah batur yang ada di bangun di masa Belanda kita mau lihat bentuk yang sebenarnya,” kata Andi kembali.

(nia)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini