15 Oleh-Oleh Khas Surabaya, Camilan hingga Sambal yang Bikin Makan Jadi Lahap

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 406 2504112 15-oleh-oleh-khas-surabaya-camilan-hingga-sambal-yang-bikin-makan-jadi-lahap-Gz2gHIk9wT.JPG Kue Lapis Surabaya (Foto: Instagram/@foodirius)

MANAKALA Anda berkunjung ke suatu daerah yang baru, tentunya Anda ingin membawa pulang makanan khas mereka sebagai oleh-oleh, bukan? Nah, begitu juga ketika Anda bertandang ke Surabaya, pasti Anda akan tergiur dengan kulinernya.

Ini karena Surabaya punya banyak kuliner khas yang lezat dan menggiurkan. Jika Anda berencana untuk membeli oleh-oleh ketika berkunjung kesana, berikut kelima belas rekomendasinya.

1. Jenang dan Sirup Mangrove

Jika biasanya Anda menemukan pohon mangrove hanya menjadi objek wisata menarik, kali ini kamu bisa menikmati olahan Mangrove menjadi jenang dan sirup.

Jenang mangrove berwarna coklat, dengan tekstur kenyal dan rasa yang legit. Sedangkan untuk sirupnya memiliki rasa unik, yaitu asam manis. Sirup Mangrove ini sangat pas dijadikan sebagai campuran minuman dingin.

2. Kerupuk Ikan Kenjeran

Melihat hasil laut yang berlimpah dari Pantai Kenjeran, membuat masyarakat pun memanfaatkannya menjadi sebuah karya yang dapat dinikmati bersama.

Salah satu hasil kreatifitasnya adalah, kerupuk berbahan seafood. Jika kamu melewati Pantai Kenjeran, dari jarak yang jauh saja sudah tercium aroma khas kerupuk ikan ini.

Kerupuk ikan ini dapat menjadi oleh-oleh khas dari Surabaya, yang gurih dan nikmat. Kerupuk ini dijual dalam dua jenis, yaitu siap makan dan mentah.

Kerupuk Kenjeran

(Foto: Instagram/@juragan_kerupuk_surabaya)

3. Belinjo Udang

Beberapa orang akan menyebut oleh-oleh khas Surabaya ini dengan nama melinjo, yaitu sejenis tanaman yang sering diolah menjadi emping. Belinjo Udang atau Blidang tidak memiliki rasa pahit, karena melinjo yang digunakan telah dicampur dengan udang asli dan rempah-rempah pilihan. Jika umumnya emping memiliki rasa pahit, maka Blidang justru memiliki rasa manis.

Selain rasa manis, Blidang juga memiliki varian rasa lain yang disukai masyarakat. Varian rasa lainnya seperti pedas manis, udang pedas, serta udang Balado. Memiliki rasa yang pas di lidah Indonesia, membuat Belinjo Udang sangat cocok untuk dijadikan buah tangan ke kota asalmu.

4. Vallens Cake

Vallens cake adalah sebuah kue yang memiliki varian khusus Surabaya, yaitu tiramisu dan cokelat keju. Dengan potongan kue yang lembut, ditambah krim manis di tengah kue mampu mengikat lidah untuk terus mencicipinya. Satu kotak kue Vallens Cake, dibanderol dengan harga sekitar Rp50 ribu.

5. Rambak Sapi

Kerupuk rambak memiliki rasa yang gurih dan bertekstur renyah, setelah dibuka pun kerupuk rambak sapi ini dapat bertahan hingga satu tahun. Dengan jangka ketahanan yang lama tersebut, tak heran jika Rambak Sapi sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Kerupuk Rambak Sapi

(Foto: Instagram/@kerupukrambaksapi_kakros)

Untuk semakin mempertahankan kerenyahan dari kerupuk rambak, simpan dalam tempat yang kedap udara. Selain dibuat cemilan, Rambak Sapi ini juga cocok untuk dijadikan makanan pendamping seperti sate, bubur, atau makanan yang dihidangkan dengan nasi hangat.

6. Kue Bikang Peneleh

Kue Bikang adalah jajanan basah yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali Surabaya. Di Kota Pahlawan ini, Kue Bikang Peneleh adalah bikang yang paling terkenal. Hingga saat ini kue Bikang masih menjadi makanan favorit warga Surabaya, sehingga tak salah untuk membawanya menjadi oleh-oleh.

7. Suoklat

Biasa disebut dengan Soklat, adalah sebutan cokelat yang diucapkan dalam bahasa Jawa Surabaya. Produk ini adalah sebuah cokelat yang dilelehkan, dan di dalamnya berisi kacang mete dan kurma. Jika Anda ingin membawa Suoklat ini, Anda bisa mengunjungi langsung alamat produksinya di Jalan Gubeng Kertajaya VIIC Surabaya.

8. Kue Mente

Kue Mente adalah kue ringan, yang bertekstur halus dan lembut jika dibandingkan dengan makanan ringan lainnya. Kue khas Surabaya ini dibungkus dalam kemasan kotak berlogo ikan hiu dan buaya, ikon khas Kota Pahlawan.

9. Kue Lapis Surabaya

Kue Lapis sepertinya mulai menjadi kue yang sedang digemari masyarakat, baik itu warga milenial maupun generasi orang tua kita. Kue Lapis Surabaya memiliki cita rasa yang manis,dan empuk.

Kue Lapis Surabaya

(Foto: Instagram/@spikoelapissurabaya)

Beberapa warga lebih senang menyebutnya dengan kue Bolu Surabaya, namun kue lapis ini lebih empuk daripada kue bolu. Kue Lapis Surabaya ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh, dengan berbagai varian rasa dan topping.

10. Pohong Tata

Pohong tata atau Ketela Pohon, menjadi salah satu oleh-oleh Surabaya yang memiliki cita rasa gurih dan nikmat. Tidak hanya direbus dan digoreng saja, Pohon Tata diolah dengan cara dibakar terlebih dahulu.

Setelah itu pohong bakar akan diberikan parutan keju dan dibungkus dengan unik dan menarik, dengan warna ungu dan gambar anak kecil di depan kemasan. Umumnya, Pohong Tata sering ditawarkan di berbagai outlet dekat dengan tempat pariwisata.

Sambal Cuk

(Foto: sambalcuksurabaya.com)

11. Sambal Cuk

“Sambal Anak Negeri, Kebanggan Jawa Timur untuk Indonesia”, itulah tagline dari Sambal Cuk Surabaya. Sesuai dengan taglinenya, Sambal Cuk memang menawarkan varian Sambal Nusantara yang umum digemari oleh masyarakat Jawa Timur.

Beberapa varian dari oleh-oleh khas dari Surabaya ini seperti sambal bawang, korek bebek Madura, udang ebi, ikan asin klotok, hingga sambal matah Bali.

12. Guna-Guna Snack

Jika dilihat dari namanya, snack ini cukup unik dan membuat kita penasaran. Jangan khawatir, bukan berarti jajanan Guna – Guna Snack adalah hasil mantra, tetapi jajanan ini adalah keripik berbahan dasar singkong dan kentang.

Varian rasa yang dimiliki oleh Guna-Guna Snack, sangat cocok dan dijamin disukai oleh pada anak muda. Harga satu kemasannya, dibanderol mulai dari Rp20 ribu rupiah.

13. Siropen Telasih

Siropen Telasih adalah salah satu sirup khas Surabaya, yang dibangun oleh JC Van Drongelen. Beliau adalah seorang warga Belanda asli, yang membuat sirup ini pada tahun 1923. Pabrik sirup Siropen pun menjadi pabrik sirup pertama yang ada di Indonesia, tentunya selain rasanya yang khas sirup ini pun memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Hingga saat ini, pembuatan sirup Seropen masih menggunakan tenaga konvensional. Hanya saja proses memasaknya kini telah menggunakan gas, setelah sebelumnya menggunakan kayu bakar. Anda bisa menjumpai Sirup Seropen Telasih ini, di pusat oleh-oleh Surabaya seperti Toko Oleh Oleh Panen Raya.

Almond Crispy Cheese

(Foto: Instagram/@almondcrispysukodono)

14. Almond Crispy Cheese

Jika Anda mencari oleh-oleh yang sedang hits, Almond Crispy Cheese adalah jawabannya. Rasanya yang renyah, gurih, dan ringan, menjadikan santapan ini sangat pas untuk menemani suasana hangat bersama keluarga. Seperti namanya, bahan utama dari produk ini adalah keju dan kacang almond.

Selain rasa keju, oleh-oleh Surabaya ini juga memiliki varian rasa yang lainnya. Beberapa variannya seperti Cokelat, Green Tea, Blueberry, Durian, dan Strawberry. Desain packagingnya yang menarik, memberikan kesan mewah dan classy. Anda bisa menemukan cemilan ini di beberapa toko oleh-oleh Surabaya, dengan harga sekitar Rp45 ribu rupiah saja.

15. Spikoe Resep Kuno

Jika ingin menikmati buah tangan berupa kuliner khas Surabaya, Spikoe Resep Kuno dapat menjadi pilihan yang terbaik. Spikoe adalah sebuah kue lapis, yang pembuatannya menggunakan resep kuno.

Sehingga rasa dari kue lapis ini tentu berbeda dengan kue lapis lainnya, cita rasanya pun tidak pernah berubah dari pertama kue ini dibuat. Anda bisa mengunjungi toko Spikoe ini pada Jalan Rungkut Madya No. 41, Kota Surabaya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini