Share

Cerita Mistis Hotel Terbengkalai di Kawasan Candi Songgoriti, Pernah Jadi Lokasi Uji Nyali Raffi Ahmad

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 406 2504175 cerita-mistis-hotel-terbengkalai-di-kawasan-candi-songgoriti-pernah-jadi-lokasi-uji-nyali-raffi-ahmad-y6mIiJB4LO.jpg Hotel Terbengkalai di Batu (dok Okezone/Avirista Midada)

JAKARTA - Kawasan sekitar Candi Songgoriti menyimpan sejuta misteri. Sebagai bangunan cagar budaya ada misteri yang tersimpan terutama di sisi barat candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Tak jauh dari lokasi candi terdapat dua mata air yakni panas dan dingin yang menjadikan sumber bagi masyarakat sekitar.

Konon air panas ini bahkan dialirkan ke sebuah hotel dan pemandian yang ada tak jauh dari candi. Bahkan konon hotel ini telah ada sejak zaman Belanda yang dinamakan Badhotel dan didirikan pada 1911 masehi. Menurut cerita kawasan sekitar Songgoriti ini dahulu menjadi tempat peristirahatan para orang Belanda, karena udaranya yang cukup sejuk.

Penelusuran okezone di lokasi, hotel ini memang telah terbengkalai sejak tiga tahun lalu. Aroma mistis masih terasa meski beberapa bagian hotel terbengkalai telah mulai dibersihkan. Pintu masuk hotel bagian belakang berada satu lokasi dengan hotel dan Pemandian Air Panas Songgoriti.

Lokasinya tak jauh dari Candi Songgoriti yang sedang diekskavasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Baca Juga:

Jelajahi Candi Songgoriti, Bangunan Peninggalan Mataram Kuno yang Alami Banyak Perubahan

5 Makanan Khas Thailand Halal, Penampilannya Mengunggah Selera

Menelusuri lorong demi lorong di bagian belakang hotel terasa angker, pepohonan dan tanaman rimbun yang merambat tumbuh hingga ke bagian atap bangunan. Bangunan hotel tampak tak terawat dengan kondisi rusak termakan usia.

Di dalam area hotel beberapa perabotan mulai kasur, kursi, dan meja, memang masih terlihat cukup bagus. Bahkan air panasnya yang dialirkan dari sumber tak jauh dari Candi Songgoriti juga masih berfungsi.

Terlihat beberapa tanaman yang sebelumnya tumbuh hingga tinggi mulai dipotong, beberapa taman di dalam area hotel sudah mulai dibersihkan. Hal ini memang sudah mulai mengurangi kesan mistis area hotel. Tetapi adanya tiga pohon beringin besar di area hotel, dengan dua jembatan kayu usang menjadikan bangunan ini masih menyisakan kesan mistisnya.

Kisah mistis hotel ini bahkan membuat Sara Wijayanto, Risa Saraswati, Raffi Ahmad, Presiden Arema FC Gilang Widya Pramana, hingga beberapa pemain Rans FC dan Arema FC, pernah merasakan sensasi beruji nyali di hotel terbengkalai ini.

Konon beberapa penampakan mulai dari makhluk tinggi besar hingga lima meter lebih, perempuan berbaju putih seperti kuntilanak, hingga perempuan keturunan kerajaaan, yang menjadi penghuni lokasi hotel terbengkalai ini.

Warga Malang, Roy menyebut, salah satu yang energinya dominan, yakni sesosok makhluk tinggi besar berkulit hitam yang membuat tempat ini memiliki aura negatif. Pria paruh baya ini juga memiliki kemampuan indera keenam, namun ia tak ingin berbicara panjang lebar mengenai lokasi penginapan yang bakal difungsikan kembali.

"Itu sosoknya tinggi besar lokasi di pohon sebelah sana, dominan itu. Tapi ini lagi dibersihkan semuanya, mau ditempati lagi," ucap Roy, yang enggan disebutkan nama aslinya, saat berbincang di lokasi.

Beberapa warga Songgoriti, Kota Batu juga mengisahkan bagaimana kondisi hotel terbengkalai ini memunculkan kesan mistis. Dari beberapa sosok yang pernah dilihatnya dan beberapa warga lain, sosok perempuan dan makhluk tinggi besar pernah menampakkan diri ke warga sekitar area.

"(Yang pernah muncul) perempuan dan kayak orang tinggi besar, kata orang - orang sini, lokasinya kalau malam gelap," ungkap Sunarto, salah seorang warga yang Songgoriti, yang menawarkan villa di area Songgoriti.

Selain lokasi hotel, area sekitar Candi Songgoriti konon dahulu juga merupakan rumah sakit di zaman Belanda. Hal ini membuat sumber air panas di sekitar Candi Songgoriti dialirkan untuk kebutuhan rumah sakit era Belanda dahulu.

Pamong Ahli Budaya sekaligus Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Andi Muhammad Said mengatakan, pemerintah Belanda membangun total area sekitar Candi Songgoriti pada tahun 1921. Beberapa instalasi air panas dari sumber dibuat untuk mengaliri kebutuhan rumah sakit.

"Mungkin (dibangun tahun 1921), bisa juga setelahnya, kan ini banyak eksploitasi diambil airnya, banyak sekali kita temukan tandon - tandon di bawah sana, itu juga struktur drainase itu nggak asli (bawaan candi), itu ada foto lama ada rumah sakit Belanda, mungkin itu bagian – bagiannya,” tukasnya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini