Share

Cathay Pacific Pecat 3 Pilot yang Terpapar Covid-19 di Jerman

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Sabtu 20 November 2021 04:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 406 2504201 cathay-pacific-pecat-3-pilot-yang-terpapar-covid-19-di-jerman-47w3gTp8Pb.jpg Ilustrasi pesawat (dok Freepik)

JAKARTA - Maskapai penerbangan Cathay Pacific memecat tiga pilot setelah mereka terinfeksi virus Corona di kota Frankfurt, Jerman.

Melansir The Guardian, maskapai penerbangan asal Hong Kong mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyelidikan internal telah menemukan, ketiga pilot terlibat dalam pelanggaran serius prosedur COVID-19 selama singgah di luar negeri.

Staf Cathay lainnya yang telah tinggal di hotel yang sama di Frankfurt sejak 1 November telah diperintahkan ke pusat karantina pemerintah Hong Kong.

"Setelah penyelidikan kasus-kasus ini, sayangnya, temuan menunjukkan pelanggaran serius terhadap persyaratan selama awak singgah di luar negeri," bunyi pernyataan itu.

Baca Juga:

Dear Traveler, 5 Hal Ini Bisa Dilakukan Agar Pramugari Senang

Viral Rusa Terluka Lari Masuk Rumah Sakit hingga Salah Naik Eskalator

"Orang-orang yang bersangkutan tidak lagi dipekerjakan oleh Cathay Pacific," demikian isi pernyataan tersebut.

Cathay tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan "pelanggaran serius". Pihak maskapai hanya mengatakan akan terus meninjau protokol perusahaan setelah insiden itu.

"Keamanan dan keselamatan pelanggan, karyawan, dan komunitas kami tetap menjadi prioritas mutlak kami," tegas Cathay.

Hong Kong telah mencatat hampir tidak ada kasus virus corona lokal dalam beberapa bulan terakhir tetapi pihak berwenang tetap memperketat aturan karantina.

Wilayah ini mengikuti jejak Beijing dalam mempertahankan pembatasan perjalanan yang ketat, berbeda dengan tren global untuk membuka diri dan hidup berdampingan dengan virus corona. Pemerintah kota berharap aturan yang lebih ketat akan meyakinkan China, sumber utama pertumbuhan ekonominya, untuk secara bertahap membuka perbatasannya dengan Hong Kong.

Cathay mengatakan akan meningkatkan pemeriksaan kepatuhan di pelabuhan luar negeri untuk memastikan protokol kesehatan dan keselamatan diikuti secara ketat selama transit.

Semua kru Cathay telah menerima vaksin Covid-19 dan maskapai mengatakan akan memerlukan dosis booster juga.

Aturan ketat Hong Kong, yang mencakup karantina hotel hingga tiga minggu untuk kedatangan, telah menyebabkan penurunan permintaan perjalanan.

Cathay mengatakan, pada minggu ini penerbangan beroperasi pada Oktober hanya 10% dari kapasitas penumpang pra-pandemi dan mencatat penurunan 97,2% dalam jumlah penumpang dari 2019.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini