Share

Melihat Pesona Bangka Belitung dari Mercusuar hingga Pulau Lengkuas

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 406 2504474 melihat-pesona-bangka-belitung-dari-mercusuar-pulau-lengkuas-hoxZaqZoSU.jpg Pesona Bangka Belitung (dok Okezone)

JAKARTA -  Bangka Belitung tak hanya tersohor karena keindahan pantainya, namun juga terkenal karena adanya Pulau Lengkuas yang memiliki bangunan mercusuar kuno peninggalan Belanda.

Mercusuar Pulau Lengkuas dibangun pada tahun 1883 dan memiliki tinggi 57 meter dan lingkar 61 meter. Anda akan melewati 17 lantai dengan jumlah anak tangga antara 11-19 tiap lantainya, perjuangan akan terbayarkan oleh panorama Pulau Lengkuas dari ketinggian.

Rasa letih terbayar lunas dengan semilir terpaan angin pantai menambah yang menyejukkan saat berada di ketinggian mercusuar yang berdiri sejak tahun 1882.

Pada ketinggian ini kamu juga bisa melihat sistem penerangan sebuah mercusuar untuk memandu kapal yang lewat. Berusia hampir 139 tahun, mercusuar ini masih berfungsi dengan baik hingga kini.Batuan di Bukit Tebalu termasuk batuan granit yang dahulunya terpendam di dalam tanah. Bentuknya yang solid, belum terpecah, Bukit bebatuan ini memiliki luas sama seperti lapangan bola.

Baca Juga:

Uniknya Kepercayaan Suku Vanuatu, Pesawat Terbang Dianggap Tuhan hingga Disembah

15 Oleh-Oleh Khas Surabaya, Camilan hingga Sambal yang Bikin Makan Jadi Lahap

Pulau Lengkuas memiliki sisi lain yang dapat Anda nikmati dengan adanya spot unik dari bebatuan granit raksasa. Batuan granit raksasa di sepanjang pantai Lengkuas ini telah terbentuk sekitar 65-200 juta tahun lalu. Dulunya merupakan batuan raksasa utuh yang kini terbelah-belah.

Jika Anda berkunjung mercusuar, maka akan nampak pemandangan dari atas, dengan terlihat juga gradasi laut biru kehijauan. Di tepi pantai terdapat bebatuan granit raksasa yang dilengkapi dengan pohon kelapa. Pasir putih yang membentang di sepanjang pantai membuat pulau ini semakin menawan.

Pesona dari Pulau Lengkuas dapat menjadi pilihan yang tepat untuk melengkapi koleksi foto feed sosial media Anda. Tertarik untuk menikmati keindahan dari ketinggian mercusuar di Pulau Lengkuas?

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini