Uniknya Budaya Pernikahan di Jepang, Tamu Wajib Bawa Amplop Minimal Rp3 Juta!

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Minggu 21 November 2021 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 406 2504764 uniknya-budaya-pernikahan-di-jepang-tamu-wajib-bawa-amplop-minimal-rp3-juta-fbKnBtRSOx.JPG Ilustrasi (Foto: Curty Tales)

PERNIKAHAN umumnya dirayakan dengan mengundang keluarga dan banyak teman. Begitu juga dengan perayaan pernikahan di Jepang.

Rangkaian acara sakral mulai dari akad nikah hingga resepsi mengundang banyak tamu. Tentunya persiapan finansial harus matang karena biaya pernikahan yang terbilang mahal.

Tak dipungkiri memang perayaan pernikahan membutuhkan banyak modal. Bahkan tamu acara pernikahan di Jepang memiliki keunikan ketika menghadiri pernikahan. Diketahui bahwa para tamu yang diundang terbiasa memberi banyak nominal amplop atau uang "nyumbang" kepada mempelai.

Hal unik terjadi di Jepang. Seorang TikToker dengan akun @kentakenta3 mengungkapkan bahwa orang yang menghadiri pernikahan di Jepang umumnya memberi uang amplop minimal tiga juta (jika dikonversi ke Rupiah).

Baca juga: Mengenal Tradisi Nyotaimori, Makan Sushi di Atas Tubuh Wanita Tanpa Busana

Pernikahan jepang

Serta yang terpenting harus memberi uang amplop dengan nominal bilangan ganjil. Seperti tiga juta, lima juta, tujuh juta, atau sembilan juta, atau bahkan harus memberi lebih banyak lagi, asalkan bukan angka genap.

Lantas mengapa tidak memberi uang dengan nominal genap? Masyarakat di Jepang meyakini bahwa angka genap itu tidak baik, dikhawatirkan bisa menyebabkan perpisahan atau perceraian. Jadi kalau ingin memberi uang amplop harus dengan nominal ganjil.

Lalu, mengapa di Jepang tamu undangan tidak boleh memberi uang amplop hanya satu juta meskipun nominalnya ganjil? Kenta mengatakan bahwa nominal tersebut dipandang sangat sedikit dan tak sebanding dengan budget yang dikeluarkan untuk menyiapkan acara pesta resepsi pernikahan.

Menurutnya, event pernikahan di Jepang membutuhkan makanan hingga dekorasi yang menghabiskan budget tidak sedikit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini